KTT NATO Dimulai, Salah Satu Fokusnya Meningkatkan Pertahanan Negara Sekutu

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 12:54 WIB
KTT NATO sudah dimulai (Foto/Konrad)
KTT NATO sudah dimulai (Foto/Konrad)

BeritaNasional.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pakta Pertahanan Atlantik Utara, alias NATO sudah mulai sejak Selasa (9/7/2024) di Washington DC, AS.

Para anggota NATO sudah mulai berdatangan sejak Senin. Pertemuan puncak NATO sendiri akan berlangsung hari Rabu dan Kamis.

KTT NATO sendiri akan fokus membahas peningkatan pertahanan negara-negara sekutu. NATO juga akan membahas upaya Ukraina dalam mempertahankan diri selama perang dengan Rusia.

Selain itu NATO juga akan meningkatkan kemitraan NATO secara global, khususnya di kawasan Indo-Pasifik. Oleh karena itu, Korsel, Jepang, Selandia Baru, juga Australia ikut KTT NATO.

Terkait dengan Ukraina, pertemuan NATO kali ini akan kembali membahas dukungan jangka panjang yang lebih besar dan stabil bagi Ukraina, yang sudah mengajukan diri untuk menjadi anggota aliansi itu sejak September 2022.

Meski Kyiv sangat mengharapkan adanya keputusan yang bagus soal NATO mengenai konflik di negaranya, pengamat memperkirakan bahwa Ukraina kemungkinan tidak akan menerima undangan untuk bergabung dengan aliansi NATO kali ini, terlebih konflik dengan Rusia masih berlangsung.

Dikutip dari VOA, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Ukraina belum siap mendiskusikan syarat-syarat resolusi, yang menurutnya termasuk penarikan mundur pasukan Ukraina dari keempat wilayah yang diperebutkan dengan Rusia.

Di sisi lain, Ukraina menginginkan “perdamaian yang adil” yang mencakup seluruh wilayahnya. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy akan menghadiri KTT NATO pekan ini untuk mengupayakan hal itu dan mendorong keanggotaan negaranya di NATO pada masa depan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: