China Minta NATO Jangan Salahkan Pihak Lain terkait Konflik Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 11 Juli 2024 | 18:00 WIB
KTT NATO berlangsung di Washington (Foto/Konrad)
KTT NATO berlangsung di Washington (Foto/Konrad)

BeritaNasional.com - China meminta NATO untuk memikirkan tindakannya dalam konflik Ukraina. China menyarankan NATO sebaiknya mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah Ukraina daripada menyalahkan pihak lain.

“Kami mendesak NATO untuk mendengarkan baik-baik pendapat masyarakat internasional. Daripada mengkambinghitamkan pihak lain, NATO harus melakukan refleksi diri, mengambil tindakan nyata untuk meredakan situasi dan menyelesaikan masalah,” kata delegasi dari China.

"Deklarasi KTT NATO di Washington AS dipenuhi dengan mentalitas Perang Dingin dan retorika perang. Kalimat yang berhubungan dengan China seringkali bersifat provokatif dengan kebohongan dan fitnah yang nyata. Kami dengan tegas menolak dan menyesalkan tuduhan-tuduhan terhadap China dan telah mengajukan pernyataan serius kepada NATO," tambah misi dari China tersebut.

Dikutip dari Sputnik, sebelumnya, Juru Bicara Kedutaan Besar China di AS, Liu Pengyu mengatakan, "Perdagangan normal kami dengan Rusia dilakukan secara jujur. Perdagangan ini juga konsisten dengan aturan WTO dan prinsip pasar, yang tidak tercela dan tidak boleh dikritik," katanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: