Respons PSI Soal Elektabilitas Kaesang Tinggi di Jawa Tengah: Masyarakat Melihat Generasi Baru

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 12 Juli 2024 | 10:34 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep Sambagi Golkar. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Ketum PSI Kaesang Pangarep Sambagi Golkar. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - PSI buka suara soal tingginya elektabilitas Kaesang Pangarep di Jawa Tengah di survei-survei menjelang Pilkada 2024.

Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman mengatakan, munculnya nama sang Ketua Umum menandakan bahwa Jawa Tengah membutuhkan sosok pemimpin dari kalangan anak muda.

"Saya menduga, apalagi misalnya di kota-kota besar, pemilihnya relatif kritis, termasuk di Jawa Tengah (Jateng). Jateng itu kan salah satu daerah yang kita kenal melahirkan pemimpin terbaik dari Indonesia, baik di level gubernur maupun wali kota," ujar Andy kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

"Kalau misalnya nama Mas Kaesang nomor satu, saya pikir di antara, dan itu muncul di daerah yang pemilihnya kritis, saya pikir itu satu tanda bahwa ada keinginan dari masyarakat melihat generasi baru dalam politik. Mungkin itu yang bisa kita catat," tambah Andy.

Oleh karena itu, ia menilai bahwa Kaesang merupakan politisi yang bagus mengingat banyak pemimpin Jawa Tengah yang kualitasnya tak diragukan lagi.

"Jateng kita tahu sendiri pemilihnya terdidik, kritis, dan lain sebagainya. Pemimpin yang menang di sana kebanyakan yang memang pemimpin yang baik. Jadi saya pikir itu salah satu barometer politik Indonesia. Kalau misalnya kuat di Jateng, artinya kualitasnya bagus," tandasnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru berjudul 'Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah?' pada Minggu (30/6/2024).

Pada survei tersebut, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep unggul dengan perolehan 25,6 persen jika Pilkada 2024 diisi oleh enam kandidat.

Kemudian, posisi kedua diisi oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan angka 16,3 persen. Selanjutnya di posisi ada Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023 Taj Yasin Maimoen dengan perolehan 13,4 persen.

"Simulasi enam kandidat top teratas masih ditempati oleh Kaesang Pangarep 25,6 persen. Diikuti oleh Ahmad Luthfi 16,3 persen, Taj Yasin 13,4 persen, Bambang Pacul 9,7 persen, Abdul Wachid 6,2 persen dan Sudaryono 6,0 persen," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat penyelenggara survei.

Tak hanya itu, Kaesang juga unggul pada simulasi semi terbuka dengan 21 nama kandidat. Dari simulasi itu, Kaesang memperoleh angka 15,9 persen.

"Yang unggul nama Kaesang Pangarep 15,9 persen, disusul oleh Ahmad Luthfi 12,9 persen. Lalu Abdul Wachid 7,8 persen, Raffi Ahmad 6,8 persen, Bambang Pacul 5,8 persen, Sudaryono 4,7 persen, Hendrar Prihadi 4,7 persen, Dico 3,5 persen," ungkap Djayadi.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 21-26 Juni 2024 lalu dengan metode double sampling dan margin of error 2,8 persen.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: