Elektabilitas Anies Tertinggi di Jakarta, Demokrat Singgung Keterpilihan Ahok pada 2017

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 17 Juli 2024 | 13:15 WIB
Bakal calon gubernur (bacagub) Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Bakal calon gubernur (bacagub) Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Elektabilitas Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta tertinggi dengan angka 29,8 persen. 

Partai Demokrat tidak khawatir Anies memimpin sementara pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkit elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama ketika bertarung pada 2017 juga tinggi. Sementara itu, hasilnya politikus yang akrab disapa Ahok itu kalah.

"Seingat saya dulu 2017, Ahok juga peringkat pertama. Kalau bicara mengenai elektabilitas. Hari ini, survei bagaimanapun menjadi salah satu metode yang kami perlukan untuk memahami dan mengetahui situasi di masyarakat. Tetapi, tetap saja itu belum bisa merekam semua," kata Herzaky kepada wartawan, dikutip Rabu (17/7/2024).

Menurut Herzaky, daripada memikirkan hasil survei, melakukan kerja politik terjun ke masyarakat lebih penting.

Demokrat juga masih santai karena survei elektabilitas baru merekam calon gubernurnya. Sementara itu, yang akan bertarung adalah pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur.

"Hari ini tidak bisa hanya bicara mengenai cagub. Tapi, kami juga bicara mengenai pasangannya, cawagub. Bagaimana pendukung cagub dan pendukung cawagub benar ternyata saling mendukung bukan malah saling meniadakan," kata Herzaky.

Bagi Demokrat, mesin politik juga penting untuk memenangi pilkada. Tidak ada tokoh bisa maju sendirian tanpa bantuan partai politik.

"Terbukti kemarin Pak Prabowo di awal kampanye kan calon yang kuat si A si B. Pak Prabowo sempat di awal dinyatakan tidak kuat tetapi kenyataannya begitu ketemu chemistry yang pas, ketemu mesin politik yang juga sangat kuat gabungan dari KIM ini ternyata hasilnya juga luar biasa dan juga ini menjadi penting," kata Herzaky.

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis survei elektabilitas calon gubernur Jakarta 2024. Survei digelar pada 15-20 Juni 2024.

Dikutip dari survei yang dirilis Selasa (16/7/2024), hasilnya, mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas tertinggi dengan angka 29,8 persen.

Politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi pesaing berat Anies menyusul elektabilitas 20 persen.

Sementara itu, tidak ada tokoh lain yang menyaingi elektabilitas Anies dan Ahok sebagai calon gubernur Jakarta. Tokoh lainnya berada di angka 10 persen.

Ridwan Kamil yang digadang-gadang sebagai calon gubernur dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) hanya memiliki elektabilitas sebesar 8,5 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: