Thomas Djiwandono Jadi Wamenkeu, Sri Mulyani: Permudah Koordinasi RAPBN 2025

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 18 Juli 2024 | 20:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (BeritaNasional/Elvis).
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa ditunjuknya Thomas Djiwandono menjadi Wakil Menteri Keuangan II akan mempermudah penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2025.

Hal itu dikatakan Sri Mulyani usai Thomas Djiwandono dilantik menjadi Wamenkeu oleh Presiden Jokowi hari ini, Kamis (18/7/2024).

“Memang fokusnya Tommy akan ikut dalam penyusunan RAPBN 2025. Ini dalam tahap penyusunan berdasarkan yang sudah dibahas dengan DPR kemarin. Dengan masuknya Tommy dalam kabinet akan membuat seluruh komunikasi jauh lebih mudah,” kata Sri Mulyani dikutip Antaranews, Kamis (18/7/2024).

Sri Mulyani mengakui bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran dalam rangka penyusunan RAPBN 2025 selama tiga bulan terakhir.

Koordinasi tersebut termasuk dengan Tommy sebagai anggota Bidang Ekonomi dan Keuangan Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran. Namun, koordinasi sebelumnya selalu dilakukan dengan mengadakan pertemuan khusus antara kedua pihak. 

Karena itulah, kata Bendahara Negara ini, dengan bergabungnya Tommy dalam jajaran Kementerian Keuangan, bisa memberikan dampak yakni mempermudah proses koordinasi penyusunan RAPBN 2025 dapat terjalin dengan lebih baik.

“Apakah masuknya Tommy karena ada hubungan yang tidak bagus dengan tim transisi? Tidak, selama ini bagus. Tapi, karena Tommy kini di dalam kabinet, jadi tidak perlu ada pertemuan khusus, sehingga penyusunan APBN di Nota Keuangan dan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Agustus menjadi lebih mudah,” ucap dia.

Lebih jauh, dia memastikan telah menyampaikan seluruh hasil pembahasan RAPBN 2025 bersama Komisi XI dan Badan Anggaran (Banggar) DPR kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Dalam proses politiknya, saya laporkan ke Presiden Jokowi dan presiden terpilih. Pak Prabowo sangat memahami proses penyusunan anggaran ini dan sangat mendukungnya,” kata Sri Mulyani.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: