Kabar Baik, Buruh India Temukan Berlian Rp 1,5 Miliar

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 27 Juli 2024 | 23:00 WIB
Buruh menemukan berlian (Foto/Pixabay)
Buruh menemukan berlian (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Hidup tak selalu berakhir menyedihkan. Dalam perjuangan hidup kadang-kadang kita menemukan keberuntungan.

Hal itu terjadi pada seorang buruh di India, yang nasibnya berubah drastis dalam semalam usai menemukan berlian berukuran besar di sebuah tambang di Negara Bagian Madhya Pradesh.

Raju Gound menemukan berlian 19,22 karat. Berlian itu akan dijual sekitar Rp 1,5 miliar dalam lelang yang digelar pemerintah setempat.

Gound mengatakan, ia sudah menyewa tambang di Kota Panna selama lebih dari 10 tahun. Selama itu pula ia selalu bermimpi untuk menemukan berlian.

Pada akhirnya ia menemukan berlian yang sangat ia dambakan. Oleh karena itu Gound mengajarkan kepada kita agar berani bermimpi dan tidak takut dicemooh orang akibat punya impian besar.

Kota Panna sendiri terkenal dengan tambang berliannya. Dikutip dari BBC, warga lokal di Panna sering menyewa tambang dangkal dan murah dari pemerintah untuk berburu berlian.

Perusahaan ini juga menyewakan tambang dangkal kepada individu, keluarga, dan kelompok koperasi yang mencari berlian, biasanya dengan peralatan dan perlengkapan dasar.

Setiap temuan berlian akan diserahkan ke kantor berlian pemerintah, yang kemudian mereka yang menaksir harga batu tersebut dan membelinya.

"Tambang ini bisa disewa dengan harga sekitar Rp 38.900-Rp 48.600 dalam jangka waktu tertentu,” ujar Anupam Singh, pejabat di kantor berlian pemerintah setempat.

Singh mengatakan, meskipun banyak orang telah menemukan batu lebih kecil, temuan Gound penting karena ukurannya yang besar.

"Kami sangat miskin dan tidak punya sumber pendapatan lain. Jadi kami melakukan ini dengan harapan dapat menghasilkan uang," kata Gound.

Sebelumnya, dia sering mendengar kisah orang-orang yang mencari berlian dan berharap suatu hari dia juga akan beruntung.

Kemudian dia pergi ke lokasi tersebut untuk melakukan aktivitas sehari-hari mencari berlian secara manual.

"Saya sedang memilah-milah bebatuan dan melihat sesuatu seperti pecahan kaca. Saya mendekatkannya ke mata saya dan melihat kilatan cahaya. Di situlah saya yakin saya menemukan berlian," katanya gembira.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: