Jerman Desak China Stop Dukung Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 27 Juli 2024 | 22:00 WIB
Perang Ukraina-Rusia (Foto/Freepik)
Perang Ukraina-Rusia (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mendesak China segera mengakhiri dukungannya terhadap Rusia dalam perang dengan Ukraina. Ini dilakukan agar Rusia dan Ukraina segera mencapai kedamaian.

“Sebagai anggota Dewan Keamanan, Anda tidak hanya memiliki hak veto, tetapi yang terpenting adalah kewajiban untuk melakukan segala hal, guna memastikan bahwa kita bisa mendapat perdamaian,” kataBaerbock.

Baerbock mendesak Pemerintah China bekerja lebih intensif dibandingkan sebelumnya guna membantu memulihkan perdamaian di Ukraina.

“Hal pertama yang dimaksud, hal terpenting, tidak ada dukungan untuk agresor, tidak ada dukungan untuk Rusia,” ucapnya.

Baerbock mengatakan, fakta Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba saat ini berada di Beijing untuk berbicara dengan pihak China tentang cara mencapai perdamaian adalah penting.

"Ini bisa jadi berkat jika kita membuat kemajuan menuju perdamaian dan China mengambil tanggung jawabnya di Dewan Keamanan sesuai dengan itu," tambah Baerbock.

Pihak China, terang Baerbock, telah menjelaskan beberapa waktu lalu bahwa mereka ingin mendorong Rusia-Ukraina agar menuju perdamaian.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: