PDIP: Johan Budi Dinilai Berintegritas sebagai Calon Pimpinan KPK

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:30 WIB
Johan Budi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. (BeritaNasional/Parlementaria)
Johan Budi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. (BeritaNasional/Parlementaria)

BeritaNasional.com -  Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, meyakini bahwa Anggota DPR RI, Johan Budi, memiliki integritas sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini disampaikan Djarot seiring dengan lolosnya Johan Budi dalam seleksi administrasi untuk menjadi calon pimpinan lembaga antirasuah periode 2024-2029.

“Saya tidak meragukan integritas beliau dalam selalu melakukan tindakan, sikap, dan perilaku yang jujur, berintegritas, dan berkarakter,” ujar Djarot di DPP PDIP, Sabtu (27/7/2024).

Djarot menegaskan bahwa Johan Budi adalah sosok yang telah lama berkiprah dalam dunia antikorupsi dan pernah menjadi bagian dari KPK.

"Beliau sudah lama di KPK sebelum terjun ke politik, menjabat sebagai juru bicara, dan juga pernah menjadi Plt pimpinan KPK jika tidak salah, serta komisioner," tuturnya.

Djarot juga mengucapkan selamat kepada Johan Budi atas kelulusannya dalam seleksi administrasi sebagai calon pimpinan KPK.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pak Johan Budi," kata Djarot.

Sebelumnya, Johan Budi mengaku berencana untuk mundur dari DPR dan PDIP setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi calon pimpinan KPK.

"Saya berencana mundur dari DPR dan juga dari partai. Namun, surat pengunduran diri sedang saya persiapkan," ujar Johan.

Menurutnya, surat pengunduran diri yang akan diajukan ke Ketua DPR dan Presiden masih dalam proses pembuatan.

"Sedang saya siapkan surat pengunduran diri di DPR dulu. Prosesnya memerlukan waktu, dan surat tersebut juga akan ditujukan kepada Presiden," jelasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: