IM57+ Pesimistis KPK Dipercaya Publik karena Ghufron Daftar Capim

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 31 Juli 2024 | 20:30 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron turut lolos dalam seleksi administrasi capim. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron turut lolos dalam seleksi administrasi capim. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua IM57+ Institute M. Praswad Nugraha pesimistis dengan kemajuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. 

Menurut dia, rasa pesimistis tersebut itu muncul lantaran Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron turut lolos dalam seleksi administrasi, bahkan ikut tes tertulis calon pimpinan (capim) lembaga antirasuah.

Praswad menilai Ghufron sebagai pimpinan lembaga antirasuah yang bermasalah pada masa kepemimpinannya.

“Kami tidak optimistis melihat orang bermasalah seperti Nurul Ghufron dapat masuk kandidat yang lulus administrasi,” ujar Praswad kepada Beritanasional.com pada Rabu (31/7/2024).

“Padahal, sepak terjangnya sudah jelas merupakan pimpinan bermasalah,” imbuhnya. 

Eks penyidik KPK tersebut berharap panitia seleksi capim KPK memprioritaskan pimpinan yang bisa mengembalikan kepercayaan publik. 

“Pimpinan KPK terpilih harus sosok yang bersih rekam jejaknya dan independen secara paripurna dari intervensi agar KPK tidak menjadi proxy war kekuasaan,” tuturnya. 

Sebelumnya, Ghufron mengaku telah mendaftarkan diri sebagai capim KPK. Dia berharap lembaga antirasuah mendapat pimpinan terbaik pada periode 2024-2029.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya mendaftarkan diri untuk menjadi capim KPK untuk periode 2024-2029," kata Ghufron. 

"Tunjukkan komitmen dan dedikasi dalam pemberantasan korupsi dengan menjadi calon pimpinan KPK," ucapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: