Antisipasi Kelangkaan Air Bersih, Pemprov DKI Bangun Pipa 3.000 Km

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 01 Agustus 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi air bersih. (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi air bersih. (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa pihaknya akan membangun jaringan pipa sepanjang 3.000 kilometer.

Pembangunan pipa ini dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan air bersih di Jakarta. Adapun pengerjaannya diprediksi rampung pada 2026.

"Ada beberapa titik lokasi yang akan dilakukan pengembangan penggalian terhadap jaringan pipa sepanjang kurang lebih 3.000 kilometer untuk memperbaiki semua jaringan pipa sehingga kami harus berbenah," kata Heru di Jakarta Selatan, dikutip Kamis (1/8/2024).

Meski demikian, ia tidak merinci lokasi mana saja yang akan dilakukan pengerjaan. Namun, ia meminta maaf jika ada daerah-daerah yang terdampak macet di kemudian hari.

"Ada beberapa titik lokasi yang macet, termasuk mungkin rekan-rekan dari kedutaan besar yang mengalami kemacetan," ujar Heru.

"Ini kami lakukan dalam kurun waktu satu sampai dua tahun ke depan dan mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik demi keberlangsungan Jakarta dalam mengatasi kerawanan air bersih ke depan," tambahnya.

Dengan adanya pipanisasi ini, Heru berharap masyarakat Jakarta, khususnya di pesisir, sudah dapat dengan mudah mengakses air bersih pada 2030 mendatang.

"Kita lanjutkan bahwa masyarakat di posisi nanti pada 2030 bisa mendapatkan air bersih di ujung Jakarta, Muara, Cilincing, dan lainnya," tegas Heru.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: