Jelang Pilkada Serentak 2024, Polda Metro Giatkan Siskamling Basis Komunitas

Oleh: Mufit
Jumat, 02 Agustus 2024 | 12:07 WIB
Ilustrasi polisi melakukan apel sebelum patroli. (Foto/Sinpo.id).
Ilustrasi polisi melakukan apel sebelum patroli. (Foto/Sinpo.id).

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya meningkatkan sistem pendinginan situasi (cooling system) untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Kombes Badya Wijaya mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan di wilayah Jakarta.

"Langkah ini diambil sebagai respons terhadap potensi kerawanan yang dapat terjadi selama tahapan pilkada, terutama mengingat pentingnya momen demokrasi yang akan dihadapi oleh masyarakat," kata Badya, Jumat (2/8/2024).

Badya menjelaskan, kegiatan yang dikedepankan dan harus dilaksanakan adalah kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang menyangkut kegiatan pam swakarsa. Pam swakarsa ada dua, yaitu satpam dan keamanan lingkungan.

"Sesuai arahan Bapak Kapolda untuk menggiatkan siskamling di wilayah basis komunitas RW. Jadi kita menggunakan itu karena kalau komunitas sudah kuat Insya Allah masalah kepedulian akan timbul untuk menggairahkan kamtibmas lingkungannya," ujarnya. 

Menurut dia, salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi masyarakat adalah melalui kegiatan rembuk warga sehingga warga dapat berkumpul dan berdiskusi dengan kepolisian.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai sarana pencerahan dan edukasi politik bagi warga, tetapi juga sebagai wadah untuk mengumpulkan aspirasi dan masukan kepada Kepolisian yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Tidak hanya itu, dengan kerja sama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, diharapkan pilkada dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mewakili keinginan dan aspirasi masyarakat. 

Kegiatan cooling system seperti ini tidak hanya sebagai sarana pencerahan dan edukasi politik bagi warga, tetapi juga sebagai wadah untuk mengumpulkan aspirasi dan masukan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.  

"Peran serta pelajar dan mahasiswa juga sangat penting, terutama bagi mereka yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya," tuturnya. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: