Israel Siapkan Bunker untuk Bertahan dari Serangan Iran

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 07 Agustus 2024 | 04:00 WIB
Ilustrasi Iran serang Israel (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Iran serang Israel (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Ibu Kota Iran, Teheran oleh Israel membuat situasi di Timur Tengah makin panas. Pembunuhan Haniyeh juga makin memanaskan konflik Israel-Palestina, Israel-Iran, dan Israel-Hizbullah.

Pembunuhan Haniyeh sangat membahayakan negosiasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas untuk menghentikan perang di Gaza. Negosiasi gencatan senjata makin rumit dengan pembunuhan Haniyeh oleh Israel.

Apalagi Iran sudah bersumpah akan membalas dendam terhadap Israel atas pembunuhan Haniyeh. Iran siap melakukan serangan balasan terhadap Israel. Hal ini membuat Israel ketakutan.

Badan Keamanan Israel Shin Bet telah menyiapkan bunker-bunker di bawah Kota Yerusalem. Bunker tersebut bisa dipakai untuk bersembunyi para pemimpin elit politik jika Iran melakukan serangan berskala penuh ke Israel.

Wartawan Israel Ben Caspit melaporkan, "Bunker komando dan kontrol yang baru disiapkan tujuannya untuk mengatur pelaksanaan perang oleh para elit politik-keamanan negara. Bunker ini juga terhubung ke bawah pangkalan militer Kirya di Tel Aviv, dan ke semua bunker lainnya yang tersebar di seluruh Israel."

"Bunker-bunker ini memungkinkan untuk pertahanan diri dan kebal terhadap semua jenis senjata," tambah Caspit.

Israel saat ini sedang bersiap-siap untuk menghadapi serangan dari Iran. Sebab Israel paham mereka sudah menghabisi Pemimpin Hamas dan Pemimpin Hizbullah. Apalagi para pejabat Iran bersumpah akan membalas dendam ke Israel.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: