Iran Siap Kirim Ratusan Rudal ke Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 11 Agustus 2024 | 12:00 WIB
Iran siap kirim ratusan rudal ke Rusia (Foto/Pixabay)
Iran siap kirim ratusan rudal ke Rusia (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Intelijen Eropa mengatakan, puluhan personel militer Rusia saat ini sedang menjalani pelatihan di Iran untuk menggunakan sistem rudal balistik Fath-360. Iran diperkirakan segera mengirim ratusan rudal berpemandu satelit ke Rusia yang akan digunakan untuk perang di Ukraina.

Perwakilan Kementerian Pertahanan Rusia disebut sudah menyetujui kontrak dengan pejabat Iran terkait sistem rudal Fath-360 dan sistem rudal balistik lainnya yang diproduksi oleh Organisasi Industri Dirgantara Iran, Ababil.

Menurut dua pejabat intelijen, kesepakatan itu ditandatangani pada 13 Desember 2023 di Teheran, Iran. Kedua narasumber berbicara dengan syarat tidak diungkap identitasnya karena membahas masalah sensitif.

Mengacu pada sejumlah sumber intelijen, pejabat tersebut mengatakan, personel Rusia mengunjungi ke Iran untuk mempelajari pengoperasian sistem pertahanan Fath-360. 

Sistem itu bisa meluncurkan rudal hingga mencapai maksimum 120 km dan hulu ledak seberat 150 kg. Salah satu sumber mengatakan, satu-satunya langkah selanjutnya yang mungkin' setelah pelatihan adalah pengiriman rudal tersebut ke Rusia

Meski Moskow sudah memiliki rudal balistiknya sendiri, pasokan Fath-360 dapat memungkinkan Rusia untuk memanfaatkan lebih banyak persenjataannya untuk target di luar garis depan, sementara hulu ledak dari Iran digunakan untuk target jarak dekat, menurut seorang pakar militer.

Dikutip dari VOA, seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS mengatakan, Amerika Serikat dan para sekutu Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Alliance Treaty Organization/NATO) serta mitra G7 "siap untuk memberikan respons yang cepat dan keras jika Iran melanjutkan transfer tersebut.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: