Jokowi Resmikan Taman Kusuma Bangsa, Bentuk Penghormatan kepada Para Pahlawan dan Pejuang Bangsa

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 07:34 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Taman Kusuma Bangsa. (Foto/Setkab).
Presiden Jokowi meresmikan Taman Kusuma Bangsa. (Foto/Setkab).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Taman Kusuma Bangsa yang akan menjadi tempat renungan suci, di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Jokowi menyampaikan bahwa peresmian Taman Kusuma Bangsa sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, utamanya Bung Karno dan Bung Hatta. 

“Dan ini sekali lagi menjadi penghormatan kita semuanya kepada para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa,” ujar Jokowi dikutip dari laman Presiden RI, Selasa (13/8/2024).

Taman Kusuma Bangsa atau sebelumnya disebut dengan kawasan memorial park menjadi tempat pelaksanaan renungan suci dan apel kehormatan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Taman ini menjadi monumen sekaligus ruang publik untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kemerdekaan.

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti mengatakan bahwa taman tersebut dirancang sebagai tempat penghormatan bagi para pahlawan Indonesia, di mana nantinya akan diadakan acara renungan suci setiap tanggal 17 Agustus pukul 00.00. 

Diana juga menjelaskan bahwa Taman Kusuma Bangsa didirikan sebagai solusi sementara sebelum adanya makam pahlawan di Ibu Kota Nusantara.

“Taman Kusuma Bangsa ini adalah tempat untuk kita menghormati pahlawan-pahlawan Indonesia dan ini dilakukan nanti pada saat 17 Agustus jam 00.00 biasanya akan ada selalu acara renungan suci,” kata Diana.

Selain itu, Diana juga menambahkan bahwa Taman Kusuma Bangsa menjadi bagian integral dari kawasan beranda Nusantara, yang dilengkapi dengan sayap pelindung Nusantara dan tiang bendera. Bahkan tiang bendera setinggi 79 meter tersebut telah mencetak rekor MURI sebagai tiang bendera tertinggi di Indonesia.

“Selain itu juga ada beranda Nusantara, itu semacam tempat yang terbuat dari bambu yang di situ nanti akan ada informasi-informasi terkait dengan bagaimana pembangunan Ibu Kota Nusantara ini dilakukan selama pelaksanaannya,” ucap Diana.

Peresmian ini menjadi momen penting dalam sejarah pembangunan Ibu Kota Nusantara, sekaligus menegaskan komitmen pemerintah untuk selalu menghormati dan mengenang jasa para pahlawan bangsa.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: