Jokowi Resmikan Revitalisasi Pasar Godean Sleman, Diharapkan Jadi Pusat Perekonomian

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 29 Agustus 2024 | 06:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Godean. (Foto/BPMI).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Godean. (Foto/BPMI).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Godean yang telah direvitalisasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Rabu (28/8/2024). 

Adapun Pasar yang telah melayani masyarakat sejak tahun 1980 ini kini tampil dengan wajah baru setelah melalui revitalisasi menyeluruh yang menelan anggaran sebesar Rp89 miliar.

Menurut Jokowi, Pasar Godean, yang dulunya hanya mengalami perbaikan ringan pada tahun 1994, kini telah dibangun kembali dengan infrastruktur yang jauh lebih modern dan representatif. Dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 1.800 pedagang, pasar ini diharapkan menjadi pusat perekonomian baru yang lebih dinamis di Sleman.

“Pasar ini dibangun tahun 1980, kemudian pernah diperbaiki tahun 1994, dan sekarang dibangun, direvitalisasi total dan telah selesai hari ini menelan anggaran Rp89 miliar, yang bisa nanti ditempati 1.800 pedagang,” ujar Jokowi dikutip Kamis (29/8/2024).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan agar pasar tersebut bisa dijaga.

“Sae mboten nggih pasarnya? Sae mboten? Nyuwun tulung nggeh dirawat (Bagus enggak ya pasarnya? Bagus nggak? Minta tolong dirawat ya), dipelihara kebersihannya, melayani pembeli yang baik, pakai senyum, batine sitik rapopo ning ajeg, leres mboten?” ungkap Jokowi.

Suasana di Pasar Godean hari itu tidak hanya penuh dengan antusiasme, tetapi juga harapan baru dari para pedagang. Seto, seorang pedagang buah yang telah lama berjualan di pasar ini, mengungkapkan kegembiraannya.

Seto juga merasa bangga karena pasar yang sudah menjadi bagian hidupnya ini diresmikan langsung oleh Presiden.

“Saya sebagai pedagang senang, semoga rezekinya bisa ikut berkembang lebih baik dan juga pasar ini bisa dimasukin tapi retribusi boleh naik tapi ndak boleh tinggi-tinggi lah,” ujarnya. 

Revitalisasi Pasar Godean ini tidak hanya memberikan fasilitas yang lebih nyaman dan modern bagi para pedagang, tetapi juga menciptakan sebuah lingkungan yang lebih kondusif bagi transaksi ekonomi masyarakat. Dengan standar baru ini, Pasar Godean diharapkan menjadi contoh sukses dari upaya pemerintah dalam memperkuat pasar tradisional di seluruh Indonesia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: