Visi Ridwan Kamil untuk Jakarta Baru: Menambah Festival dan Wisata Arsitektural

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 02 September 2024 | 18:14 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil (RK), mendukung penuh transformasi Jakarta menjadi kota global setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota.

RK menyatakan bahwa kota global secara otomatis menjadi kota wisata. Oleh karena itu, ia ingin menambah wisata kota di Jakarta dengan memperbanyak festival.

"Jadi visi Jakarta Baru itu menghadirkan pariwisata kota, memperbanyak festival. Festival Coldplay, festival Taylor Swift. Kalau dia bisa datang kita undang, festival marathon, festival kota yang didatangi banyak orang. Itu salah satunya," kata RK di Markas TKN Fanta Prabowo-Gibran, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Selain menjadikan wisata kota sebagai prioritas, RK juga akan mengizinkan restoran internasional membuka gerai di Jakarta.

"Kota global biasanya memiliki berbagai pilihan FnB. Mau makanan Maroko sampai makanan Australia, semuanya ada," ujar RK.

Tak hanya itu, RK mendorong adanya destinasi buatan di Jakarta. Maksudnya, perlu ada wisata arsitektural seperti di Dubai.

"Ada namanya wisata arsitektural. Nah, arsitektur modern itu seperti di Dubai. Itu yang kita ciptakan di Jakarta Baru," tegas RK.

Selanjutnya, wisata-wisata di kampung juga perlu diperbanyak. Dia berharap para turis yang datang ke Jakarta dapat menginap di rumah penduduk.

"Jadi orang, maaf ya, tidak hanya menginap di hotel mewah tapi bisa juga menginap di kampung, homestay. Dulu saya lakukan itu, makanya sekarang saya laksanakan," jelas RK.

"Dia bayar cuma Rp 300.000, tidur di rumah, makan paginya nasi goreng telur ceplok sambil gosip bareng si ibu yang punya rumah, tiga bulan lagi datang melamar anaknya," kelakar RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: