Ghufron Serahkan Penilaian Seleksi Capim KPK ke Pansel: Saya Pasrahkan Saja

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 07 September 2024 | 07:30 WIB
Wakil ketua KPK, Nurul Ghufron. (BeritaNasional/Panji Septo)
Wakil ketua KPK, Nurul Ghufron. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron, menyerahkan segala keputusan kepada Pansel Capim KPK terkait pencalonannya sebagai pimpinan periode 2024-2029.

Hal itu berkaitan dengan kekhawatirannya bahwa putusan Dewan Pengawas KPK yang telah memberinya sanksi akan memengaruhi penilaian Pansel Capim KPK.

"Saya pasrahkan kepada pansel saja. Jadi saya tidak dalam kewenangan untuk menjawab. Biar pansel secara otoritatif mempertimbangkan sendiri," ujar Ghufron di Gedung ACLC KPK, Jumat (6/9/2024).

Dirinya tetap percaya diri bisa lolos meski dijatuhkan sanksi, terkait penyalahgunaan pengaruh dalam mutasi ASN Kementerian Pertanian.

"Oh, yakin, karena urusan pribadi saya, tentu saya tetap confidence. Sekali lagi, saya menjaga independensi mereka untuk menampung semua informasi tentang profil saya," tuturnya.

Ghufron menjadi salah satu peserta yang lolos tes asesmen. Menurut Wakil Ketua Pansel KPK, Arif Satria, peserta yang lolos akan mengikuti tes wawancara.

"Kemudian, setelah itu (tes asesmen) ada tahap berikutnya lagi untuk wawancara dengan pansel dan juga dengan panelis," ujar Arif.

Arif memastikan hasil tes asesmen akan diumumkan pada Rabu, (11/9/2024). Dari 40 peserta, Arif menyatakan bahwa akan ada 20 calon pimpinan (capim) dan calon dewan pengawas (cadewas).

"Insyaallah tanggal 11 akan ditentukan yang lolos seleksi tahap ketiga ini. 20-20 ya, 20 capim dan 20 dewas," tuturnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: