Kerap Mangkir saat Dipanggil Pansus Haji, Menaq Yaqut Ngaku Banyak Tugas

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 11 September 2024 | 13:47 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (BeritaNasional/Elvis).
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beralasan banyak tugas sebagai menteri. Sehingga tidak bisa memastikan apakah bakal hadir di Pansus Haji untuk memberikan keterangan.

Hal itu menanggapi pernyataan Pansus Haji DPR karena Yaqut sudah dua kali tidak hadir dalam rapat Pansus. Yaqut juga beralasan tidak menerima surat undangan.

"Saya akan lihat karena tugas saya kan juga banyak sebagai menteri apalagi menteri agama kawan kawan tahu banyak sekali ada tugas pendidikan ada tugas keagamaan, agamanya itu ada enam yang menjadi mandatory kementerian agama belum tugas tugas lain," kata Yaqut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Yaqut mengatakan, Pansus bisa melakukan penjadwalan ulang pemanggilan. Ia akan lihat apakah akan datang bila suratnya sampai ke dirinya. Yaqut menekankan bahwa pemerintah siap memberikan keterangan sejelasnya tentang haji. 

"Pada prinsipnya kan kita ini pemerintah ingin menjelaskan seterang terangnya bukan hanya kepada Pansus tetapi kepada seluruh masyarakat apa sih yang sebenarnya terjadi dalam proses perhajian itu," katanya.

Yaqut jamin, Kementerian Agama tidak main-main mengurus haji. Ia janji akan menindak bawahannya yang terlibat.

"Kami di Kementerian Agama pemerintah ini juga tidak ingin ada yang main main dengan haji itu kalau ada staf saya ada perangkat asn di tempat saya di kementerian agama yang terlibat  ya ayo kita tindak bareng bareng," kata Yaqut.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: