Rusia Usir 6 Diplomat Inggris, Ini Penyebabnya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 14 September 2024 | 07:05 WIB
Rusia usir diplomat Inggris (Foto/Pixabay)
Rusia usir diplomat Inggris (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Rusia mencabut akreditasi enam diplomat Inggris di Moskow atas tuduhan spionase. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB). 

FSB menyatakan, pihaknya memperoleh dokumen, yang mengonfirmasi bahwa Direktorat Eropa Timur dan Asia Tengah dari kementerian luar negeri Inggris menjadikan tugas utamanya untuk menyebabkan kekalahan strategis di Rusia.

FSB mengatakan, usai dimulainya operasi militer khusus Rusia di Ukraina pada 2022, direktorat tersebut diubah menjadi layanan khusus yang bergerak untuk melemahkan Rusia.

"Sebagai tanggapan atas langkah tidak menyenangkan London, maka Kementerian Luar Negeri Rusia mencabut akreditasi enam pegawai departemen politik Kedutaan Inggris di Moskow. Mereka dinilai melakukan kegiatan intelijen dan subversif," bunyi pernyataan FSB. 

Dikutip dari Antara FSB memperingatkan, akan adanya tindakan lebih lanjut jika aktivitas serupa dari pegawai misi diplomatik Inggris terungkap.

Pencabutan akreditasi berarti para diplomat tersebut tidak lagi memiliki dasar resmi untuk tetap berada di Rusia. Mereka harus meninggalkan negara tersebut.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: