Ridwan Kamil Targetkan Kesetaraan Peluang Kerja bagi Kaum Disabilitas di Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 14 September 2024 | 00:01 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil, menjanjikan peluang kerja yang luas bagi kaum disabilitas jika memenangkan Pilkada Jakarta 2024.

RK mengatakan bahwa banyak perusahaan di Jakarta masih menutup akses untuk mempekerjakan kaum disabilitas.

"Saya harapkan bisa ada akses pekerjaan yang lebih komprehensif, karena dalam wawancara saya, masih banyak industri di Jakarta yang belum membuka kesempatan bagi kaum disabilitas," kata RK di Halte Transjakarta Tosari, Jumat (13/9/2024).

RK pun menyinggung capaian saat dirinya menjadi Gubernur Jawa Barat. Kala itu, perusahaan-perusahaan diwajibkan untuk memberi kesempatan kepada kaum disabilitas bekerja di tempat mereka.

"Waktu saya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, saya membuat kebijakan equal opportunity employer. Jadi, perusahaan-perusahaan harus memberikan kesetaraan akses," jelas RK.

"Jadi, mereka harus memberikan akses seluas-luasnya pada saat ada lowongan pekerjaan, kecuali jika bisa membuktikan bahwa 1-2 jenis pekerjaan memang tidak bisa dilakukan oleh kaum disabilitas,” tambah RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: