RK Janji Bakal Bikin Jakarta Lebih Humanis untuk Kaum Disabilitas

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 14 September 2024 | 13:10 WIB
RK janji bikin Jakarta lebih humanis (Beritanasional/Panji)
RK janji bikin Jakarta lebih humanis (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil (RK) berjanji akan membuat Jakarta lebih humanis bagi kaum disabilitas.

Hal ini diungkapkan RK usai berdiskusi dengan teman-teman disabilitas. Dalam kesempatan ini, RK mendapatkan cerita bahwa kaum disabilitas masih rentan terhadap perundungan.

"Curhatan secara umum dari seorang anak masih merasakan ada pembully-an, ejek mengejek terhadap golongan disabilitas, ingin Jakarta lebih humanis, kira-kira menghormati mereka-mereka yang berbeda ability-nya," kata RK kepada wartawan.

Untuk membuat Jakarta lebih humanis ini, salah satu program yang RK andalkan adalah 'Anak Sekolah Sahabat Lansia'. Nantinya, setiap anak sekolah harus bertemu dengan para lansia atau teman disabilitas.

"Anak sekolah punya sahabat lansia atau disabilitas, sebulan sekali mereka bertemu sebagai tugas sekolah sehingga terjadi percakapan, terjadi transfer nilai-nilai kehidupan," ujar RK.

Selain ada transfer nilai kehidupan, dipupuk juga empati tiap anak sekolah sehingga generasi penerus di Jakarta bisa lebih memanusiakan manusia.

"Empati makin banyak, empati di level anak sekolah. Mudah-mudahan di generasi berikutnya anak-anak Jakarta tentu lebih humanis," ucap RK.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: