Ridwan Kamil: Berdebat di Negara Asing Bisa, Memimpin Salat, Ngaji Juga Ayo

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 14 September 2024 | 20:30 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil (RK), menghadiri acara silaturahmi Forum Keumatan yang digelar di DPTW PKS, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/9/2024).

Dalam kesempatan ini, RK mengungkapkan bahwa ia dititipkan di pesantren oleh kakeknya, Kyai Haji Muhyiddin, yang merupakan ulama besar dari tanah Sunda.

Adapun jumlah pesantren yang dititipkan kepada keluarganya adalah delapan pesantren dengan nama Pagelaran 1 hingga Pagelaran 8.

"Kyai Haji Muhyiddin ini mewariskan saya dan turunan delapan pesantren. Jadi, saya ini mengurus pesantren di seluruh Jawa Barat, tempat kami lahir," kata RK pada Sabtu (14/9/2024).

RK pun menyinggung bahwa dirinya sempat menimba ilmu di Pagelaran 3. Saat beranjak dewasa, Kang Emil menempuh pendidikan S-1 di ITB dan meneruskan ke jenjang S-2 di University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

"Jadi, saya bisa bicara tentang fiqih syariah, tentang agama karena turunan dan mengurusi pesantren. Setengah hidup saya di dunia global," ujar RK.

"Bicara bahasa Inggris, Alhamdulillah bisa. Jadi, saya punya dua dunia. Jadi kalau berdebat di negara asing saya juga bisa, memimpin salat, ngaji juga ayo, karena pada dasarnya manusia itu multidimensi," tambahnya.

Lebih lanjut, RK mengaku terjun ke dunia politik salah satunya karena dorongan orang tuanya, termasuk wasiat dari sang kakek.

"Yang diwasiatkan saya jalani. Saya bela negara dengan keilmuwan, dengan kepemimpinan, dan saya bela dan jaga agama dengan kepemimpinan Islam. Karena dakwah yang terhebat adalah melalui kekuasaan," tegas RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: