RK Dukung Program Sekolah Swasta Gratis yang Digagas DPRD DKI

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 18 September 2024 | 15:47 WIB
RK dukung program sekolah swasta gratis (Beritanasional/Oke)
RK dukung program sekolah swasta gratis (Beritanasional/Oke)

BeritaNasional.com - Bakal Calon Gubernur dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil (RK) mendukung penuh program sekolah swasta gratis yang digagas oleh DPRD DKI periode 2019-2024.

Untuk diketahui, program ini telah mendapatkan persetujuan dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta untuk direalisasikan pada 2025 mendatang.

"Kita mendukung DPRD yang akan menggratiskan anak-anak yang tidak mampu, tidak hanya negeri tapi swasta ya, tapi kan swasta yang sesuai dengan kemampuannya," kata RK di Jakarta Timur, Rabu (18/9/2024).

Sebelumnya, Komisi E DPRD DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan telah menandatangani perjanjian MoU sebagai tanda program sekolah gratis akan direalisasikan. Adapun penandatanganan MoU ini dilaksanakan pada 20 Agustus 2024.

MoU itu dilakukan untuk memastikan program sekolah swasta gratis yang diusulkan DPRD dapat terlaksana dan dirasakan manfaatnya oleh anak-anak Jakarta pada 2025.

“Alhamdulillah, sekolah gratis ini bisa terwujud. Tanggal 20 Agustus ada (MoU) antara Komisi E dengan Dinas Pendidikan yang isinya adalah kesepakatan bahwa mulai tahun 2025 sudah berjalan sekolah gratis di Jakarta,” kata Iman saat pembahasan APBD Perubahan (APBD-P) 2024.

Iman pun mengaku senang karena usulan DPRD DKI akan terwujud sebentar lagi. 

“Hal yang menarik adalah telah tercapai kesepakatan antara eksekutif dengan kita di komisi E untuk merealisasikan sekolah gratis. Semua anggota di Komisi E, semua komisi dan semua fraksi di DPRD setuju untuk menerapkan sekolah gratis di DKI,” ujar Iman.

Lebih lanjut, Iman menilai bahwa realisasi sekolah gratis menjadi salah satu warisan DPRD Jakarta dalam mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan.

Ia juga berharap, gagasan dasar dari sekolah gratis bisa mengatasi masalah-masalah yang ada dalam dunia pendidikan di Jakarta. 

“Itu adalah kesepakatan komitmen kita dan menjadi legacy Komisi E Periode 2019-2024. Dengan adanya sekolah gratis, masalah-masalah seperti ijasah ditahan sekolah, masalah bayaran dan seterusnya tidak ada lagi,” ucap Iman.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: