MPR Ungkap Negara Sahabat Diundang saat Pelantikan Prabowo sebagai Presiden

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 25 September 2024 | 20:15 WIB
Gedung DPR/MPR. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Gedung DPR/MPR. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengungkap sejumlah pimpinan negara sahabat akan diundang dalam pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029. Khususnya pimpinan negara Asean dan negara G-20.

"Tradisinya, negara-negara ASEAN biasanya diundang. Mitra ASEAN diundang, dan negara-negara yang menjadi sahabat dari calon kepala negara yang akan dilantik juga diundang," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Muzani mengungkap Raja Yordania King Abdullah II serta Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan atau Pangeran MBZ diundang dalam pelantikan presiden dan wakil presiden yang digelar 20 Oktober.

"Insyaallah diundang. Jordania, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab," kata Muzani.

Prabowo secara khusus mengabarkan undang itu kepada pemimpin-pemimpin negara sahabat ketika melakukan kunjungan ke luar negeri.

"Oh, ketika Pak Prabowo lawatan di negara-negara Asia Tenggara mitra ASEAN ya disampaikan. Tapi, kan nanti yang mengundang biasanya pihak majelis dan kementerian luar negeri," ujar Muzani.

Hanya, undangan tersebut masih menjadi rancangan sementara dan belum ada kepastian apakah pimpinan negara sahabat akan hadir atau tidak.

"Belum. Ini baru rancangan sementara. Nanti disampaikan pihak kementerian luar negeri termasuk dari MPE pada waktu ada kesediaan dari negara-negara tersebut apa saja, berapa jumlahnya," ucap Muzani.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: