Golkar Belum Tentukan Calon Pimpinan DPR, Singgung Tergantung "Dalang"

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 27 September 2024 | 16:07 WIB
Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis)
Gedung DPR RI. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F. Paulus, mengungkapkan bahwa Partai Golkar belum menerima instruksi resmi mengenai calon yang akan diusung sebagai pimpinan DPR RI untuk periode mendatang.

Sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak kedua, Golkar berhak atas kursi wakil ketua DPR.

"Kita seperti wayang. Tergantung dalang, apakah kita ditancapkan di gedebok pisang, dipakai untuk menari-nari, atau ditaruh di lantai. Jadi, kita tunggu saja," ujar Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/9/2024).

Ia meminta masyarakat untuk bersabar menanti keputusan partai mengenai pimpinan DPR RI ke depan.

"Kami belum berkumpul. Sabar, ya. Kami baru akan memulai pembicaraan. Biasanya, saat pelantikan, tidak ada ketua DPR yang ditentukan berdasarkan usia, kan?" tambahnya.

Lodewijk meyakinkan bahwa Golkar akan segera menentukan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

"Setiap anggota DPR tentunya ingin menjadi pimpinan. Itu wajar," ungkapnya.

Sebagai catatan, pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD untuk periode 2024-2029 dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 1 Oktober 2024. Ketua DPR Puan Maharani menyatakan bahwa persiapan pelantikan telah mencapai 90 persen.

"Insya Allah, semua persiapan sudah hampir rampung. Hanya tinggal menunggu detail dan teknisnya," kata Puan di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, pada Jumat (27/9/2024).

Puan juga menjelaskan bahwa DPR akan menggelar sidang paripurna terakhir untuk periode 2019-2024 pada 30 September. Rapat tersebut akan menyelesaikan laporan dari panitia khusus (pansus) dan alat kelengkapan Dewan (AKD).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: