Santainya Ridwan Kamil-Suswono Hadapi Debat Perdana

Oleh: Bachtiarudin Alam
Jumat, 04 Oktober 2024 | 22:00 WIB
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat deklarasi kampanye damai. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat deklarasi kampanye damai. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) dan Suswono mengaku sangat siap menghadapi debat perdana Pilgub Jakarta 2024. 

Keduanya tampak santai dalam menghadapi tema debat perdana, yaitu penguatan sumber daya manusia (SDM) dan transformasi Jakarta menjadi kota global.

“Sudah mantap, tinggal waktunya saja. Insyaallah aman-aman,” kata RK kepada wartawan di kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Senada dengan RK, Suswono mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi debat perdana ini. Sebab, fokusnya hanya menguasai gagasan sesuai visi-misi yang telah disiapkan.

“Saya biasa saja enggak ada persiapan khusus. Yang penting menguasai atau paling tidak gagasan apa yang akan disampaikan,” katanya.

“Jadi, seperti dalam visi ingin menjadikan Jakarta Baru karena sudah tidak lagi menjadi ibu kota. Dan, ingin menjadikan Kota Jakarta sebagai kota global dan maju dengan karya inovatif, berkeadilan, dan sejahtera, itu kan visi Rido (Ridwan Kamil-Suswono),” ucapnya.

Menurut dia, sebagai kota global, Jakarta pasti memerlukan SDM yang menjadi tantangan ke depan. 

Industri nanti diarahkan ke ekonomi kreatif yang diperlukan untuk menjawab tantangan zaman. 

“Maka dari itu, karya inovatif pula yang dibutuhkan dalam rangka menyongsong Jakarta sebagai kota global. Terus juga tujuan destinasi wisata itu juga nanti dapat menciptakan lapangan kerja. Di antaranya seperti itu, nanti kita akan kolaborasi lebih,” tuturnya.

Dalam debat nanti, ada tiga paslon yang berhadapan untuk calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta 2024. 

Ketiga paslon Pilgub Jakarta 2024 adalah Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno.

Tema debat perdana mengangkat ‘Penguatan Sumber Daya Manusia dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global’ di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (6/10/2024).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: