Gelar OTT di Kalimantan Selatan, KPK: Uang Baru Sampai di Tangan Orang Kepercayaan Gubernur

Oleh: Panji Septo R
Senin, 07 Oktober 2024 | 11:04 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (BeritaNasional/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel), Minggu, 6 Oktober 2024.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, menyatakan bahwa OTT ini diduga berkaitan dengan suap yang melibatkan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, serta orang kepercayaannya.

"Patut diduga (melibatkan Sahbirin). Uang baru sampai di tangan orang yang diduga kepercayaan gubernur," ungkap Alex kepada wartawan pada Senin, 7 Oktober 2024.

Menurut Alex, keterlibatan Sahbirin dalam kasus suap ini diduga kuat, mengingat banyak kasus suap yang melibatkan orang kepercayaan sebagai perpanjangan tangan.

"Dalam banyak kasus, suap atau gratifikasi memang disalurkan melalui orang-orang kepercayaan dari penyelenggara negara," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, juga membenarkan adanya OTT atau penangkapan terhadap penyelenggara negara dalam konteks ini.

“Benar, KPK melakukan kegiatan penangkapan,” kata Ghufron.

Namun, Ghufron enggan memberikan rincian lebih lanjut mengenai identitas orang-orang yang ditangkap serta kasus yang sedang diselidiki.

Ia menjelaskan bahwa tim penyidik sedang melakukan pemeriksaan pendahuluan dan berjanji untuk memberikan informasi lebih lanjut setelah proses pemeriksaan selesai.

“Kejelasannya tunggu lebih lanjut. Kami masih sedang memeriksa. Setelah selesai, akan kami update,” ujarnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: