KAI Laporkan Oknum Masinis Gadungan

Oleh: Bachtiarudin Alam
Rabu, 09 Oktober 2024 | 15:35 WIB
Masinis Gadungan saat diamankan petugas (Beritanasional/Akun X @zoelfick)
Masinis Gadungan saat diamankan petugas (Beritanasional/Akun X @zoelfick)

BeritaNasional.com -  Kereta Api Indonesia (Persero) melaporkan oknum masinis gadungan yang menjadi narasumber dalam tayangan di akun YouTube dan Instagram lenteramalam.id ke Polda Metro Jaya. Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Tohari saat dihubungi, Rabu (9/10/2024) mengatakan tayangan yang membincangkan tentang kejadian mistis seputar kereta api itu tidak relevan karena narasumber tersebut tidak kompeten alias gadungan. 

“Dengan judul Masinis Kereta Digentayangi Korban Kecelakaan. Kepada pihak Kepolisian Polda Metro Jaya untuk dilakukan proses hukum yang berlaku,” ujarnya. 

Tohari menyayangkan tayangan itu sebab akan menimbulkan opini negatif dan menyesatkan masyarakat karena sudah cukup banyak yang menyaksikan tayangan itu.

“KAI sangat menyesalkan tayangan podcast dengan genre horor ini, yang menampilkan sosok yang seolah-olah pegawai KAI yang berprofesi sebagai masinis,” kata dia.

Ia menegaskan untuk publik agar mudah termakan informasi tidak benar dari sumber informasi yang tidak kredibel. Selainitu dia meminta masyarakat dapat lebih kritis dalam menerima informasi, terutama yang berkaitan dengan keselamatan dan reputasi layanan kereta api.

"Kami menegaskan bahwa tayangan tersebut tidak bersumber dari pegawai internal KAI, dan sosok yang ditampilkan bukanlah masinis kereta api,” tegasnya. 

Dengan kejadian ini pihaknya akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan ke Polda Metro Jaya. Ia berharap agar kejadian serupa tidak terjadi lagi 

“Terkait dengan proses hukum, kami serahkan sepenuhnya pada proses penyidikan yang sedang dilakukan oleh pihak Kepolisian. Saat ini, tayangan tersebut telah di-take down oleh akun yang bersangkutan,” tukasnya.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: