Liga Arab: Israel Usir Rakyat Palestina dengan Genosida di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 14 Oktober 2024 | 23:00 WIB
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/Instagram Gaza Now)
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/Instagram Gaza Now)

BeritaNasional.com - Liga Arab terus mengecam genosida yang sedang dilakukan oleh Israel di Gaza Utara. Liga Arab juga menilai, Israel berusaha mengosongkan Gaza Utara dari warga Palestina.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengecam keras seluruh operasi Israel yang berkelanjutan di Gaza Utara, terutama di Jabalia, yang mengakibatkan ratusan orang tewas dan terluka.

Gheit mengatakan, Israel memanfaatkan perhatian global yang tertuju pada aksinya di Lebanon untuk terus melakukan lebih banyak kekejaman yang menambah catatan memalukan (Israel) di Gaza.

"Tujuan operasi Israel adalah memisahkan Gaza Utara dari wilayah lainnya dan sepenuhnya mengosongkannya dari penduduk, untuk melaksanakan rencana pengusiran penduduk Palestina," ujar Gheit.

Gheit menilai, Israel menggunakan kebijakan yang sangat brutal dengan mencegah pasokan penting, seperti air dan makanan, mencapai rakyat serta menargetkan fasilitas kesehatan dan meratakan bangunan.

Tentara Israel meluncurkan serangan militer terbarunya di Gaza utara pada 6 Oktober di tengah pengepungan ketat, dengan alasan bahwa tujuannya adalah untuk mencegah kelompok Palestina Hamas memulihkan kekuatan di daerah tersebut.

Dikutip dari Antara, Israel terus melakukan serangan brutal di Gaza setelah serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: