Kata Jokowi soal Kekalahan Timnas Indonesia dari China: Tetap Semangat, Peluang Masih Besar

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 16 Oktober 2024 | 17:35 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tetap optimis Timnas Indonesia akan lolos ke Piala Dunia 2026. Hal ini dikatakan Jokowi merespons hasil kekalahan skuad Garuda 1-2 dari China dalam matchday keempat di Stadion Qingdao, China, Selasa (15/10/2024) malam.

"Ya namanya bola, itu ada menang, kadang-kadang ada kalah. Kadang-kadang drop itu biasa," ujar Jokowi di Medan, Rabu (16/10/2024).

Meski demikian, Kepala Negara tetap optimis Jay Idzes dkk bisa lolos ke Piala Dunia 2026. Apalagi, Timnas Indonesia masih akan melakukan enam pertandingan lainnya.

"Yang paling penting, tetap semangat. Kita masih memiliki peluang besar untuk masuk ke ronde berikutnya berikutnya," urai dia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan setelah kalah 1-2 dari China dalam pertandingan di Stadion Qingdao, China. Gol China dilesatkan oleh Behram Abduweli dan Zhang Yuning. Sementara, gol bagi Indonesia dibuat oleh Thom Haye di menit ke-86.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menilai para pemain sudah memberikan kemampuan terbaiknya hingga di akhir pertandingan. Bahkan, dia menyebut Timnas Indonesia menunjukkan penampilan terbaik.

“Walaupun kalah, Timnas Indonesia telah menunjukkan penampilan terbaiknya,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan sebagaimana dikutip dari laman PSSI, Rabu (16/10/2024).

Pelatih asal Korea Selatan ini mengaku sudah mencoba berbagai cara untuk dapat mencuri poin di kandang China. Hanya saja, kata dia, China yang tampil di hadapan pendukungnya sendiri bermain gemilang.

“Selama kepada Tiongkok yang telah memenangkan pertandingan ini. Baik Tiongkok maupun Indonesia sebetulnya sama-sama menunjukkan keinginan untuk menang. Akan tetapi, keinginan Tiongkok jauh lebih besar,” tambah pelatih berusia 54 tahun tersebut.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: