Letak Kancing Baju Wanita Pria Ternyata Berbeda, Simak Alasannya

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 10:00 WIB
Ilustrasi kancing baju (foto/Freepik)
Ilustrasi kancing baju (foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Sadarkah kamu kalau ternyata kancing baju wanita dan pria letaknya berbeda???Kancing wanita biasanya berada di sisi kiri baju, sedangkan kancing pria di sisi kanan dari baju.

Dilansir dari Mental floss terdapat beberapa teori yang menjelaskan tentang perbedaan ini 

Pertama.  Teori ini menyebutkan perbedaan ini terjadi pada masa Renaissance dan Victorian di Eropa. Pada masa itu, para wanita bangsawan cenderung untuk dibantu memakai baju oleh pembantunya atau asistennya. Penempatan posisi ini bertujuan agar mereka dapat lebih mudah membantu majikan mereka untuk mengancingkan bajunya. Sedangkan pria cenderung memakai baju sendiri sehingga posisi kancing mereka berada di posisi sebaliknya.

Kedua. Teori ini penjelasannya yakni berasal ketika zaman pria membawa senjata. Semua ini tentu saja dengan asumsi bahwa pria menggunakan tangan kanan untuk memegang senjata. Posisi kancing pria yang berada di sebelah kanan akan memudahkan tangan kanan ketika hendak mengambil senjata yang berada di dalam baju.

Ketiga. Teori ini menyebutkan faktor menyusui bayi menjadi alasannya. Wanita cenderung untuk menggendong bayi di sebelah kiri. Dengan posisi kancing seperti yang digunakan wanita, maka akan memudahkan mereka untuk menyusui dan tetap dapat membuat tangan mereka aktif bergerak.

Mengapa Kancing Pakaian Laki-laki di Sebelah Kanan?

Dilansir daei The Atlantic, kancing baju pria yang terletak di sebelah kanan kemungkinan dari sisa-sisa peperangan. Ketika perang, pakaian digunakan adalah baju besi, menurut penulis The Art of Chivalry.

Prajurit menggunakan baju zirah yang terdiri dari pelat-pelat (kancing) logam untuk melindungi tubuh mereka. Agar ujung tombak atau senjata tajam lainnya tidak bisa menembus dan masuk di antara kancing-kancing tersebut, maka kancing disusun dengan cara bertumpuk dari kiri ke kanan.

Prajurit biasanya memegang perisai di tangan kiri mereka. Sisi kiri tubuh mereka, yang dilindungi oleh perisai, selalu menghadap ke musuh saat bertarung.

Dengan kancing yang tumpang tindih dari kiri ke kanan, baju zirah memberikan perlindungan lebih baik saat menghadapi serangan dari depan. Model kancing pada baju zirah tersebut sampai sekarang masih digunakan ke bentuk jaket pria.

"Selain itu, karena cara prajurit pria menghunus senjata, mengenakan pakaian dengan kancing di sebelah kanan memungkinkan mereka melakukan gerakan ini secara efisien," kata Paul Keers, penulis A Gentleman's Wardrobe.

Jika kancing diletakkan pada sebelah kanan, maka kemungkinan besar senjata yang dihunuskan akan tersangkut di lubang pakaian.

Demikianlah beberapa teori yang menjelaskan perbendaan letak kancing. Masih banyak lagi teori lainnya yang berkembang mengenai perbedaan ini, hanya saja tiga teori inilah yang paling masuk akal untuk dipercayai. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: