1.890 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Debat Kedua Pilgub Jakarta di Ancol Besok

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 15:14 WIB
Debat pertama 3 Cagub-Cawagub Jakarta yang diselenggarakan KPUD Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw).
Debat pertama 3 Cagub-Cawagub Jakarta yang diselenggarakan KPUD Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw).

BeritaNasional.com - Polisi menerjunkan ribuan personel dalam rangka pengamanan selama jalannya debat kedua Pilgub Jakarta 2024 yang digelar Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu, 27 Oktober 2024. 

"Personel yang diturunkan 1.890 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Ahmad Fuady saat dihubungi, Jumat (25/10/2024).

Selain melakukan pengamanan dengan koordinasi bersama stakeholder terkait, kata Fuady, pihaknya juga akan melakukan sterilisasi arena debat dengan menerjunkan unit K9.

"Hari Sabtu pagi kita sudah melakukan survei dan gladi. Iya (libatkan K9 dalam sterilisasi), itu bagian dari SOP," ujarnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengimbau kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas di area debat selama gelaran acara berlangsung.

“Sehingga debat nanti bisa tercapai tujuannya, visi misi dari para calon bisa tersampaikan sehingga masyarakat jakarta bisa memilih dengan baik,” kata Ade Ary.

Sementara untuk pengalihan arus lalu lintas pada akses menuju lokasi debat, kata Ade Ary, bakal bersifat situasional. Sehingga sampai saat ini, pengalihan arus lalu lintas masih melihat kondisi di lapangan nanti.

“Rekayasa lalu lintas nanti akan dilakukan secara situasional, berdasarkan pertimbangan dari rekan–rekan kami di lapangan. Mohon masyarakat yang beraktivitas di sekitar situ mohon memaklumi dan mengikuti petunjuk petugas kami di lapangan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, KPU DKI Jakarta akan menggelar debat Pilgub Jakarta kedua pada Minggu (27/10). Debat akan dilaksanakan di Beach city international Stadium Ancol, Jakarta Utara.

Diikuti ketiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024, yaitu paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan durasi debat adalah 150 menit. Dengan, debat kali ini mengusung tema "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" bersama tema ini juga akan ada enam subtema yang diangkat. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: