Ini Strategi Ridwan Kamil untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 27 Oktober 2024 | 20:38 WIB
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), menjawab pertanyaan mengenai bagaimana ibu yang bekerja di Jakarta dapat memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan dalam debat kedua yang berlangsung, Minggu (27/10/2024).

Merespons hal itu, RK menyoroti isu stunting dan menegaskan bahwa masalah ini perlu ditangani sejak masa kehamilan. "Syarat menuju Indonesia Emas adalah tidak boleh ada generasi cucu kita, anak kita yang terkena stunting. Walaupun Ayu Ting Ting rambutnya tidak keriting, memberantas stunting itu penting," katanya di Beach City International Stadium (BCIS), Jakarta Utara.

"Oleh karena itu, memberantas stunting terlalu terlambat jika sudah lahir. Kita harus berikan program kesehatan sejak ibunya masih hamil," sambungnya.

RK juga menekankan pentingnya dukungan untuk ibu setelah melahirkan melalui program ASI. Ia berjanji akan memberikan cuti bagi ibu yang menyusui.

"Sebagai calon gubernur Jakarta, kita akan mewajibkan investasi manusia yang mahal ini dengan seluas-luasnya memberikan cuti kepada ibu-ibu yang akan menyusui. Kemudian disesuaikan dengan produktivitas kerjanya," ujar RK.

Selain itu, RK berkomitmen untuk memastikan adanya ruang laktasi di setiap tempat kerja yang nyaman bagi para ibu. "Kami akan memastikan di setiap tempat-tempat kerja di Jakarta ada ruang laktasi atau ruang menyusui yang privat, dan itu sudah pernah kami lakukan di periode kepemimpinan kami sebelumnya," tegasnya.

RK juga akan melakukan intervensi melalui pemberian gizi tambahan bagi ibu menyusui, terutama dari golongan menengah ke bawah. "Kami juga ingin memastikan agar khususnya yang menyusui dari golongan menengah bawah, kita akan memberikan subsidi penambahan gizi-gizi dari berbagai dukungan kartu yang sudah kami siapkan sehingga mendapatkan supply berupa gizi baik selain air susu ibu yang tentunya menjadi sebuah kebutuhan," jelasnya.

Ia menutup pernyataannya dengan harapan akan melahirkan generasi yang sehat. "Nah, kombinasi peraturan, kombinasi dukungan bergizi dan suksesnya program makan gratis dari Bapak Prabowo Insya Allah akan melahirkan kualitas anak bayi yang sehat, ibu yang sehat, gizi yang disuplai dijaga oleh pemerintah provinsi Jakarta. Mudah-mudahan dengan begitu lahirlah generasi emas Indonesia yang datang dari percontohan generasi emas di Jakarta," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: