Mendagri Ajak Masyarakat Move On: Pemilu Sudah Ada Pemenang

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 20 Maret 2024 | 23:21 WIB
Mendagri Tito Karnavia (Indonesiaglobe/Ahda)
Mendagri Tito Karnavia (Indonesiaglobe/Ahda)

Indonesiaglobe.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan masyarakat mulai beranjak dari hiruk pikuk Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara nasional. Sudah ada yang menjadi pemenang Pilpres dan Pileg.

"Dengan ditetapkannya ini maka otomatis kita sudah mengetahui, inilah demokrasi kita, pilihan rakyat. Jadi biasa ada yang kalah, ada yang menang, ini sesuatu yang wajar, situasi yang relatif aman terkendali secara nasional kita pertahankan bersama. Dan kita move on," kata Tito di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Tito mengatakan, kalau masih ada pihak-pihak tidak puas dengan hasil penghitungan suara ada jalur hukum terakhir yang bisa ditempuh. Yaitu dengan gugatan sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi.

"Kalau nanti ada yang merasa enggak puas, atau merasa keberatan nanti ada mekanisme lain, yakni MK," kata mantan Kapolri ini.

Tito meminta kalau ada yang menyuarakan kecurangan, sebaiknya menyiapkan bukti untuk dibawa dalam gugatan sengketa di Mahkamah Konstitusi.

Sementara itu, Tito menilai penyelenggaraan Pemilu 2024 lebih baik daripada 2019. Karena suasananya lebih kondusif.

"Saya merasa 2024 lebih teduh, sejuk dibanding 2019," katanya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: