Pilkada Jakarta

Sederet Kandidat Bakal Cagub Jakarta: Ridwan Kamil, Anies Baswedan, hingga Tokoh Muda Partai Gerindra

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 20 April 2024 | 11:40 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak. (Foto/Freepik).
Ilustrasi Pilkada Serentak. (Foto/Freepik).

BeritaNasional.com - Nama-nama bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024 mulai beredar. Partai-partai sudah menyiapkan jagoannya untuk memperebutkan kursi Jakarta satu.

Beberapa nama yang kini beredar ada Ridwan Kamil, Erwin Aksa, Ahmad Zaki Iskandar, Ahmad Sahroni, Mardani Ali Sera, Sohibul Iman, Dede Yusuf, Emil Dardak, hingga Anies Baswedan.

Berikut tokoh-tokoh yang digadang-gadang maju Pilkada Jakarta 2024:

1. Ridwan Kamil

Mantan gubernur Jawa Barat ini dipertimbangkan Partai Golkar untuk maju di Jakarta. Golkar sudah memberikan pilihan kepada Ridwan Kamil untuk maju di Jakarta atau Jawa Barat. 

Sampai hari ini, Ridwan Kamil masih belum memutuskan. Kendati, pria yang akrab disapa Kang Emil ini kerap menggoda dengan baliho OTW Jakarta.

2. Erwin Aksa

Erwin Aksa adalah pengusaha dan keponakan dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wakil ketua umum Partai Golkar ini juga mendapatkan penugasan dari partai untuk maju di Pilgub Jakarta. Golkar masih belum memutuskan siapa yang akan bertarung di Jakarta.

3. Ahmad Zaki Iskandar

Partai Golkar juga mempertimbangkan mantan bupati Tangerang ini sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Zaki saat ini juga menjabat sebagai ketua DPD Golkar Jakarta.

4. Ahmad Sahroni

Pria berjuluk crazy rich Priok ini digadang-gadang akan diusung Partai NasDem. Namun, bendahara NasDem ini dalam beberapa kali kesempatan masih malu-malu menyampaikan niatnya maju di pilkada.

Hanya saja, NasDem siap memberikan dukungan apabila Sahroni siap untuk maju.

"Mau Sahroni oke, oke saja, tapi Sahroni mimpinya jadi presiden. Tapi sebagai sebuah stepping stone, kita bisa bilang Kakak Roni sebelum jadi presiden, harus melangkah dulu (jadi gubernur Jakarta), kan bisa," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya.

5. Mardani Ali Sera

Anggota DPR Komisi II ini menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan PKS untuk maju di Pilkada Jakarta. Nama Mardani masuk usulan PKS Jakarta.

Pada Pilkada 2017, Mardani pernah diusulkan PKS untuk mendampingi Sandiaga Uno. Namun, kini ceritanya sudah menjadi sejarah.

6. Sohibul Iman

Sohibul Iman adalah mantan presiden PKS. PKS Jakarta juga mengusulkan nama wakil ketua majelis Syuro PKS ini sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Namun, DPP PKS belum menyampaikan siapa yang akan maju.

7. Khoirudin

PKS Jakarta juga mengusulkan nama wakil ketua DPRD Jakarta Fraksi PKS Khoirudin sebagai bakal calon. Ia akan bertarung untuk mendapatkan rekomendasi internal dengan Mardani dan Sohibul.

8. Dede Yusuf

Wakil ketua Komisi X DPR RI ini didorong Partai Demokrat untuk maju pilgub Jakarta. Dede dinilai punya potensi dan pengalaman untuk maju memperebutkan kursi Jakarta 1. 

Dede merupakan mantan wakil gubernur Jawa Barat. Juga salah satu calon legislatif dengan suara tertinggi di Jawa Barat.

"Kita kan mau memunculkan ke publik, bagaimana Kang Dede (Dede Yusuf) ini punya potensi. Setiap kader yang kami munculkan ke publik itu pasti punya potensi," kata Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

9. Emil Dardak

Mantan wakil gubernur Jawa Timur ini masuk bursa bakal calon gubernur Jakarta dari Partai Demokrat. Emil dinilai punya potensi untuk berangkat ke Jakarta. Meski, Demokrat sudah memberikan lampu hijau kepada Emil untuk kembali mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur.

"Sesungguhnya (Emil) sudah mendapatkan rekomendasi dari majelis tinggi Partai Demokrat untuk tetap berpasangan dengan Bu Khofifah tapi jalan menentukan lain tentu Mas Emil kader potensial yang bisa kita dorong di DKI Jakarta," ujar Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron.

10. Anies Baswedan

Meski sudah maju sebagai calon presiden 2024, nama Anies masih dipertimbangkan NasDem dan PKS untuk bertarung di Pilgub Jakarta 2024. Anies disebut sudah mendapatkan lampu hijau dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh untuk bertarung untuk periode keduanya di Jakarta. PKS Jakarta juga mengusulkan kepada pengurus pusat nama mantan gubernur Jakarta itu.

"Kita cek ombak sama Mas Anies, Mas Anies 18 Maret itu pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu enggak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju pilkada monggo NasDem siap, ya kan," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya.

Namun, Anies masih ogah menanggapi peluangnya maju di Pilgub Jakarta 2024.

11. Tokoh Muda Gerindra

Partai Gerindra akan mendorong kader muda untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024. Nama yang akan bertarung masih digodok.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani belum mau mengungkap siapa sosok muda Gerindra. Tetapi, ada nama-nama kader muda Gerindra yang mentereng seperti Budi Djiwandono atau Moreno Soeprapto. Muzani ditanya dua nama tersebut, belum membantah atau membenarkan.

"Sosok yang fresh lah pokoknya. Ya masih digodok, belum matang itu," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: