Begini Harapan Alexander Marwata Soal Calon Pimpinan KPK ke Depan

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 14 Mei 2024 | 15:22 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, berharap calon pimpinan (Capim) lembaga antirasuah selanjutnya netral dan tidak terafiliasi dengan kelompok tertentu.

Hal itu dia ucapkan untuk merespons masa jabatan Dewan Pengawas dan pimpinan KPK yang bakal berakhir pada Desember 2024 dan akan segera digantikan.

“Semakin tidak terafiliasi dengan instansi tempat asal atau berhubungan dengan pejabat tinggi, buat saya lebih bagus," ujar Alex di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Selasa (14/5/2024).

Ia menegaskan penilaian tersebut berdasarkan pengalamannya di KPK.

Menurut Alex, pimpinan KPK bakal segan menindak jika memiliki hubungan dengan pejabat atau elite politik.

“Mungkin ada ya, ada rasa sungkan ketika kemudian berhubungan dengan perkara," tuturnya.

Meski demikian, Alex mengatakan pihaknya masih tetap menciduk pimpinan dengan cara tertutup. Hal itu dilakukan guna menghindari intervensi dari pihak luar bahkan hingga menghentikan perkara.

"Secara standar itu di tataran pimpinan, itu nyaris tertutup pintu untuk melakukan intervensi kan begitu, dalam pengertian yang negatif ya, misalnya dari penyelidikan,” kata dia.

Dengan cara tertutup, Alex mengatakan penyidik dan jaksa penuntut umum KPK bisa menemukan cukup alat bukti untuk naik sidik dan menetapkan seseorang tersangka meski elite sekalipun.

“Nah kalau situasinya seperti itu, nyaris tidak mungkin pimpinan itu akan menyatakan ‘stop’ karena ini menyangkut pihak-pihak tertentu. Enggak mungkin, kan begitu," ujar Alex.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: