Kompolnas Minta Polda Metro Jaya Giatkan Patroli untuk Cegah Aksi Begal

Oleh: Mufit
Minggu, 19 Mei 2024 | 09:00 WIB
Ilustrasi petugas Kepolisian melakukan patroi. (BeritaNasional/Elvis).
Ilustrasi petugas Kepolisian melakukan patroi. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong Polda Metro Jaya untuk lebih menggiatkan patroli untuk mencegah maraknya pembegalan di wilayah Daerah Khusus Jakarta. 

Hal tersebut disampaikan anggota Kompolnas Poengky Indarti merespon dibegalnya Calon Siswa atau Casis Anggota Bintara Polri di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, beberapa hari lalu. 

"Kami sangat prihatin karena pembegalan masih marak di Jakarta, termasuk adanya kasus pembegalan terhadap saudara Satrio (Casis Bintara Polri)," kata dia dalam keterangannya, dikutip Minggu (19/5/2024).

Kendati begitu, anggota Kompolnas dari unsur masyarakat itu mengapresiasi langkah cepat Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang bergerak cepat menindak pelaku pembegalan Casis Bintara Polri tersebut.

Dia berharap para pelaku diproses pidana dengan ancaman hukuman maksimum. 

Menurut aktivitas 98 ini, tugas mengamankan wilayah Jakarta dari berbagai tindak pidana, utamanya pembegalan bukan tugas kepolisian semata. Dia pun mendorong kerja sama antara Polri dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberantas begal.  

"Tugas mengamankan  Jakarta bukan semata-mata tugas Polri. Oleh karena itu, kami mendorong kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah  Jakarta dengan Polda Metro Jaya untuk melakukan pencegahan kejahatan di Jakarta," ucapnya.

Dia mengatakan, salah satu upaya mencegah maraknya begal, selain mengaktifkan patroli, juga dapat dibantu dengan memasang lebih banyak CCTV di wilayah-wilayah rawan. 

Kemudian, CCTV tersebut tersambung dengan pusat komando kepolisian setempat serta memasang lampu-lampu penerangan, menggalakkan peran serta masyarakat dalam sistem pengamanan lingkungan. 

"Masyarakat juga diimbau untuk memasang CCTV di rumah masing-masing," ungkapnya. 

Di sisi lain, Poengky menilai baik langkah Kapolri yang meloloskan Satrio masuk Bintara Polri melalui jalur penerimaan khusus disabilitas. Dia berharap Satrio Mukhti, nantinya menjadi polisi yang profesional dan humanis seperti Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: