Nadiem Pastikan Pembahasan Student Loan Libatkan Kemenkeu

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 21 Mei 2024 | 17:43 WIB
Mendikbudristek-Dikti Nadiem Makarim. (BeritaNasional/Elvis).
Mendikbudristek-Dikti Nadiem Makarim. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Mendikbudristek-Dikti Nadiem Makarim mengungkap, pemerintah tengah membahas wacana mengeluarkan kebijakan pinjaman untuk pendidikan atau student loan. Hal itu disampaikan Nadiem ketika membahas masalah uang kuliah tunggal (UKT) dengan Komisi IX DPR pada Selasa (21/5/2024).

"Untuk saat ini masih dibahas secara internal Pak, belum ada detail yang cukup rinci untuk bisa diumumkan.  Saat ini masih wacana tingkatnya untuk membahas student loan kan Pak," kata Nadiem.

Nadiem mengungkap, bersama Kementerian Keuangan sedang membahas untuk menerapkan student loan di Indonesia. Tetapi, ia belum bisa mengungkap detail penerapannya.

"Itu masih perlu pembahasan yang cukup panjang dengan Kementerian Keuangan saat ini," ujarnya.

Karena itu, pemerintah bisa bisa menjawab apakah bakal mengeluarkan kebijakan student loan. Karena belum ada keputusan apapun.

"Jadi belum ada keputusan ataupun detail yang bisa saya umumkan sekarang, baru tahapan diskusi," ungkap Nadiem.

Menanggapi wacana tersebut, Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf mengingatkan student loan jangan sampai menggunakan konsep seperti pinjaman online.

"Student loan itu kan sebenarnya usulan di sini, kita bilang jangan pinjol dong, tapi himbara bikin sebuah konsep student loan," ujarnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: