PDIP Tertarik Usung di Pilgub, Anies: Menarik Juga!

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 08 Juni 2024 | 08:47 WIB
Anies Baswedan. (Foto/instagram/aniesbaswedan).
Anies Baswedan. (Foto/instagram/aniesbaswedan).

BeritaNasional.com - Anies Baswedan menanggapi peluang PDI Perjuangan meliriknya menjadi calon gubernur Jakarta. Anies mengakui tertarik untuk diusung PDIP.

Tetapi, mantan calon presiden nomor urut 01 ini mengaku masih belum mengambil keputusan. Anies tengah mempertimbangkan untuk maju sebagai calon gubernur untuk periode keduanya.

"PDIP juga menarik, jadi sambil kita lihat hari-hari ini mudah-mudahan sampai pada kesimpulan," katanya kepada wartawan, dikutip Sabtu (8/6/2024).

Sementara itu, PDIP juga mempertimbangkan Andika Perkasa untuk diusung di Pilgub Jakarta. Anies belum mau bicara peluang berpasangan dengan Andika.

"Kan saya harus nyimpulin dulu baru bicara soal pasangan dong," katanya.

Anies mengaku terhormat banyak partai yang ingin mengusungnya di Pilgub Jakarta 2024.

"Saya merasa sangat terhormat sekali dengan teman-teman yang memberikan kepercayaan juga relawan-relawan yang selama ini sudah memberikan kepercayaan, memberikan pandangannya," kata Anies.

Sebelumnya, PDI Perjuangan melirik sosok mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa sebagai bakal calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Andika kini berstatus sebagai anggota PDIP.

"Kemudian muncul nama nama seperti itu, ada nama Mas Andika Perkasa," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, dikutip Jumat (7/6/2024).

Hasto mengatakan, sosok Andika direspon positif oleh para kader PDIP ketika diumumkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Karena itu, untuk bakal calon gubernur Jakarta masih sangat dinamis dan terus dilakukan pemetaan.

"Ketika ibu mengumumkan Mas Andika Perkasa ini, mantan Panglima TNI ini bergabung ke PDI Perjuangan, itu responsnya juga sangat luas," katanya.

"Sehingga secara dinamis terus dilakukan pemetaan politik dan partai juga mengkonsolidasikan seluruh jajarannya sehingga ketika keputusan itu muncul semua langsung bergerak," jelas Hasto.

Nama Anies diakui PDIP terus disuarakan untuk dipertimbangkan diusung di Pilgub Jakarta. Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani sudah mengakui Anies merupakan sosok yang menarik.

"Mbak Puan kemarin menyatakan Mas Anies itu menarik, kemudian ada muncul nama Mas Pramono Anung, yang memang mempunyai pengalaman yg luas dan masih representasi orang-orang muda juga," kata Hasto.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: