Pengamat Duga Golkar Tak Ingin RK ke Jakarta karena Jabar Jadi Lumbung Suara Besar

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 18 Juni 2024 | 14:00 WIB
Ridwan Kamil dalam sebuah momen (Foto/Inst Ridwan Kamil)
Ridwan Kamil dalam sebuah momen (Foto/Inst Ridwan Kamil)

BeritaNasional.com - Pengamat Poltik Universitas Padjajaran (Unpad) Kunto Adhi Wibowo menduga Partai Golkar tak ingin membiarkan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengikuti Pilkada Jakarta 2024.

Kunto menduga Partai Golkar ingin RK tetap di Jawa Barat agar lumbung suara untuk partai beringin tersebut tetap aman.

“Menurut saya, Partai Golkar sebenarnya ingin RK ada di Jawa Barat. Hal itu sangat jelas karena Jawa Barat akan jadi lumbung suara,” ujar Kunto kepada Beritanasional.com, Selasa (18/6/2024).

Selain itu, ia juga menduga Partai Golkar sudah berhitung jauh ke depan karena Jawa Barat merupakan lumbung suara terbesar di Indonesia.

“Jawa Barat akan menjadi lumbung suara yang sangat besar dan cukup luas posisinya untuk pemilu ke depan,” tuturnya.

Ia menilai RK punya peluang untuk menghadapi eks Capres Anies Baswedan di Jakarta. Akan tetapi, dirinya menagatakan peluang tersebut lebih kecil dari pada memenangkan Jawa Barat.

“Di Jawa Barat, RK punya peluang menang lebih besar dari pada di Jakarta,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat suara terkait keseriusan mencalonkan RK untuk mengikuti kontestasi politik Pilkada Jakarta 2024.

Menurutnya, DPP Partai Golkar masih melakukan evaluasi dan memantau elektabilitas RK melalui survei hingga Juli mendatang.

"Jadi, sesuai dengan kesepakatan, kita akan terus evaluasi sampai dengan Juli. Tentu akan evaluasi siapa yang maju kita tunggu survei juga," ujar Airlangga.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: