Eks Sekjen Kementan Akui Pernah Terima Telepon dari Pimpinan KPK Nurul Ghufron

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 19 Juni 2024 | 18:57 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) nonaktif Kasdi Subagyono mengaku pernah menerima telepon dari Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron.

Dalam sidang lanjutan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan), ia mengaku telepon tersebut terkait permintaan bantuan mutasi ASN Kementan.

"(Pernah dari) Bapak Nurul Ghufron," ujar Kasdi di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Menurutnya, Ghufron meminta bantuan mutasi jabatan seorang ASN di Kementan pada 2022 hingga hal tersebut terealisasikan.

"Terkait dengan permintaan bantuan untuk memindahkan saudaranya dari Inspektorat II Itjen Kementan ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur," tuturnya.

Sebelumnya, Ghufron juga mengakui soal dirinya yang menelepon Kasdi. Hal itu ia lakukan dalam proses membantu mutasi ASN di Kementan saat jabatan Kasdi masih menjadi Plt Irjen Kementan.

"Faktanya saya benar menelepon, tapi neleponnya sifatnya adalah meneruskan pengaduan,” ujar Ghufron di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK dikutip Jumat (17/5/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: