Puan: PDIP Pertimbangkan Anies Baswedan Sebagai Calon Gubernur Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 25 Juni 2024 | 13:10 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto/Lidya)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto/Lidya)

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengungkapkan peluang mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur. Puan mengakui PDIP mempertimbangkan Anies sebagai calon gubernur.

"Semua nama dipertimbangkan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

PDIP juga membuka peluang mengajukan kader sendiri di Pilkada Jakarta 2024. Namun, Puan mengaku nama-namanya belum bisa diungkap.

"Banyak nama yang menonjol, tapi belum bisa dikeluarin," kata Puan.

Ketua DPR ini mengatakan, PDIP masih terus membuka komunikasi politik sampai pendaftaran di bulan Agustus. Tetapi PDIP bisa lebih cepat mengumumkan.

"Kan pendaftaran masih Agustus. Jadi masih ada waktu kita tunggu aja yang pasti komunikasi tetap kita lakuin ke semua partai. Bisa, secepat-cepatnya," kata Puan.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, pada beberapa waktu lalu.

Pertemuan itu membahas kerja sama di Pilkada 2024 antara PDIP dengan PKB, khususnya untuk Pilgub Jakarta, Jawa Timur, hingga Riau.

"Kami berbicara hati ke hati, ya namanya komunikasi pasti terbangun di antara elite elite, saling berbicara, pandangannya seperti apa, kami berbagi pandangan. Bahwa keputusan akhir kembali pada kedaulatan partai masing-masing," kata Said kepada wartawan, dikutip Selasa (25/6/2024).

Said mengungkapkan, PKB dipastikan bakal mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024. Namun, pada pembicaraan itu PDIP belum membahas kesepakatan bersama untuk berkoalisi.

Sebagai perwakilan PDIP, Said akan melaporkan kepada Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, terkait lobi-lobi tersebut. Keputusan mengenai siapa yang akan diusung di pilkada tentu akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Nanti mungkin ada pertemuan dengan Ibu Ketua Umum untuk membahas hasil-hasil dari setiap lobi-lobi atau saling silaturahmi di antara para elite," ujar Said.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: