PDIP: Nama Anies Banyak Disuarakan Akar Rumput untuk Pilkada 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 30 Juni 2024 | 12:00 WIB
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, nama Anies Baswedan banyak muncul di akar rumput untuk didorong maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Nama Pak Anies kan juga banyak disuarakan di situ (akar rumput). Banyak partai kan juga harus melihat secara komprehensif," kata Hasto kepada wartawan di Kawasan GBK, Sabtu (29/6/2024).

Selain itu, lanjut Hasto, Ketua DPP PDIP Puan Maharini juga menyebut bahwa Anies merupakan sosok yang menarik. Oleh karena itu, PDIP terus menggodok usulan akar rumput tersebut.

"Mbak Puan juga mengatakan Pak Anies ini menarik sehingga dari pernyataan Mbak Puan kami terus lakukan, kami kembangkan untuk mendengarkan komitmen akar rumput dan bagaimana suara dari kebhinekaan kita harus betul-betul diperhatikan," ujar Hasto.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengungkap skenario kerja sama dengan PKB di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Khususnya untuk Pilgub Jakarta dan Jawa Timur.

Skenario itu adalah apabila PDIP mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta, kerja sama dilanjutkan dengan mengusung kader PDIP di Jawa Timur. Anies dianggap sebagai calon yang diusulkan oleh PKB di Jakarta.

Sementara itu, PDIP akan memasangkan kadernya dengan Anies. Begitu juga sebaliknya di Pilgub Jawa Timur, PKB mengambil kursi calon gubernur, wakilnya dari PDIP.

"Katakan, kalau misalnya di Jakarta, misalnya, berandai-andai, PKB menjadi calon gubernurnya, boleh enggak di Jawa Timur PDIP yang menjadi calon gubernurnya, boleh kan, bukan barter, tapi itulah yang namanya kerja sama," kata Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: