KPK: Beking AKBP Rossa Tuhan

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 13 Juli 2024 | 14:33 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan bahwa bekingan terkuat yang dimiliki penyidik lembaga antirasuah AKBP Rossa Purbo Bekti adalah Tuhan.

Hal itu diucapkan Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, untuk merespons tudingan bahwa Rossa memiliki bekingan kuat untuk mengusut kasus buron kasus suap eks Caleg PDIP Harun Masiku.

"Saya pikir bekingan paling kuat yang bersangkutan itu Tuhan ya," ujar Tessa di Gedung Merah Putih, dikutip Sabtu (13/7/2024).

Ia menegaskan bahwa Rossa tidak memiliki bekingan selain Tuhan meski sudah sering dilaporkan ke berbagai lembaga atas dugaan pelanggaran etik profesi.

"Tidak ada bekingan lain yang saya ketahui selain itu. Mas Rossa sudah dua kali dilaporkan di Dewas, satu kali di Komnas HAM, satu kali di perdata, dan saat ini dilaporkan di Propam," tuturnya.

Tessa menegaskan bahwa laporan-laporan tersebut mengganggu kinerja Rossa dalam mengusut kasus Harun Masiku karena harus memberi klarifikasi ke berbagai lembaga.

"Pasti mengganggu, yang bersangkutan harus menghadiri panggilan untuk mengklarifikasi,” kata dia.

Meski demikian, ia mengaku belum mendapat laporan terkait adanya pelanggaran yang dilakukan Rossa selama menyidik kasus Harun Masiku.

“Walaupun sampai dengan saat ini saya belum menemukan adanya pernyataan dari lembaga-lembaga yang menerima laporan tersebut, penyidik kami melakukan penyimpangan," ujarnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: