Tertarik Gabung KIM Plus, PKB Akui Tetap Pertimbangkan Anies di Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 07 Agustus 2024 | 18:14 WIB
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak sepenuhnya menutup peluang mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Meski PKB tertarik bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menjadi KIM Plus di Pilkada Jakarta.

Waketum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, sampai hari ini masih belum duduk bersama dengan partai-partai KIM untuk membahas siapa calon gubernur yang akan diusung KIM Plus di Jakarta. Belum ada kesimpulan apakah PKB pasti bakal bergabung dengan KIM Plus.

"Ya dinamikanya memang terus berkembang. Sehingga masih banyak pertimbangan-pertimbangan. Dan belum sampai pada tahap kesimpulan," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

DPP PKB juga perlu menimbang usulan DPW PKB Jakarta untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta.

"DPW PKB DKI juga perlu kita ajak bicara, apa yang sudah menjadi usulan DPW DKI juga harus kita pertimbangkan," ujar Jazilul.

Saat ini PKB masih keberatan dengan sikap PKS yang memasangkan Anies Baswedan dengan Sohibul Iman di Jakarta. 

Di samping itu, memang ada ajakan agar PKB bergabung menjadi KIM Plus di Jakarta. Tetapi PKB belum menarik kesimpulan soal dukungan di Pilkada Jakarta 2024.

"Iya, kalau ajakan ada. Tapi siapa, pasangan calonnya ini kan juga belum. Jadi, sampai sekarang belum bisa ditarik kesimpulan yang final," kata Jazilul.

Untuk saat ini, peluang lebih besar adalah mendengar usulan PKB Jakarta untuk mengusung Anies. Karena, belum ada duduk bersama dengan partai-partai di KIM.

"Lebih mendekati apa yang menjadi keputusan usulan dari DPW PKB DKI Jakarta," kata Jazilul.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: