Megawati Soroti Pemanggilan Kembali Hasto oleh KPK: Dicari Apa Lagi?

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 22 Agustus 2024 | 16:20 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, sempat menanyakan kepada Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, yang kembali dipanggil oleh KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi DJKA Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hasto menjalani pemeriksaan KPK pada Selasa (20/8/2024).

"Ada urusan apa lagi, kemarin kan sudah datang. Saya tanya, dicari apa lagi, To (Hasto)? Sepertinya sudah tidak ada lagi, semoga saja begitu," ujar Megawati sembari menirukan percakapannya dengan Hasto saat berpidato dalam pengumuman bakal calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan di Kantor Pusat Partai, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Megawati pun juga sempat bergurau dengan Hasto mengenai durasi pemeriksaan tersebut.

"Saya bilang, emangnya berapa lama lagi sih? Kok terus-menerus ditarget gitu loh," kata Megawati.

"Rasanya kita ini seperti gerombolan apa ya. Padahal, saya ini orang baik-baik, kok diperlakukan seperti ini. Saya boleh bertanya, kita ini warga negara yang terhormat, bukan?" ujar Megawati.

Sebagai catatan, sebelumnya Hasto memenuhi panggilan KPK sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub).

"Sebagai warga negara yang punya tanggung jawab terhadap hukum, saya datang dan sikap saya tidak setengah-setengah. Saya akan memberikan keterangan yang sebaik-baiknya," ujar Hasto di Gedung Merah Putih, Selasa (20/8/2024).

Hasto mengaku tidak membawa dokumen apapun dalam pemeriksaan ini. Ia menyatakan akan berbicara jujur kepada penyidik terkait perkara yang sedang berproses.

"Saya membawa ketetapan hati untuk berbicara kebenaran," tuturnya.

Menurut Hasto, pemeriksaannya akan berkaitan dengan kapasitasnya yang pernah menjabat sebagai sekretaris tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: