Pendaftaran Anugerah Adinegoro 2024 Resmi Dimulai, Ada Hadiah Khusus untuk Jurnalisme Kampus

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 29 Agustus 2024 | 12:00 WIB
Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 resmi diselengarakan, pendaftaran hingga Desember 2024. (BeritaNasional/Doc. PWI)
Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 resmi diselengarakan, pendaftaran hingga Desember 2024. (BeritaNasional/Doc. PWI)

BeritaNasional.com -  Pendaftaran untuk Anugerah Jurnalistik Adinegoro (AJA) 2024, yang menawarkan hadiah ratusan juta rupiah, kini resmi dibuka. Para jurnalis dari seluruh Indonesia dapat mengirimkan karya jurnalistik terbaik mereka melalui portal https://s.id/ADINEGORO2024 hingga batas waktu 31 Desember 2024.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, dalam rapat yang dihadiri oleh Ketua Panitia Pelaksana AJA 2024, DR Artini, pada Rabu (29/8), menyampaikan harapannya agar kompetisi tahunan ini dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas tinggi. Kompetisi ini bertujuan untuk menampilkan karya jurnalistik terbaik dari seluruh jurnalis di Indonesia.

Hendry juga menegaskan bahwa dengan hadiah yang mencapai ratusan juta rupiah, AJA 2024 diharapkan mampu menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas unggul.

"Untuk penghargaan jurnalistik, Adinegoro adalah yang terbesar di Indonesia. Maka, pemenangnya harus menunjukkan kualitas yang terbaik," ujar Hendry Bangun dalam rapat persiapan AJA 2024 di kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 akan memperlombakan lima kategori, yaitu karya jurnalistik media cetak, daring atau siber, video, audio, dan foto. Setiap pemenang dalam kategori tersebut akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 100 juta.

Pada  2024, untuk pertama kalinya, Anugerah Jurnalistik Adinegoro mengundang pers kampus di seluruh Indonesia untuk bersaing memperebutkan Penghargaan Khusus.

Penghargaan ini diberikan untuk mendorong semangat jurnalisme di kalangan mahasiswa dan meningkatkan minat Generasi Milenial dan Generasi Z terhadap jurnalisme serta kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.

Perguruan Tinggi di Indonesia juga mulai memberikan apresiasi terhadap AJA 2024 karena turut mendukung perkembangan pers kampus. Kehadiran Amelia, Humas Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, dalam rapat persiapan AJA 2024 menunjukkan dukungan dari perguruan tinggi swasta untuk keberhasilan pelaksanaan AJA 2024. Panitia Pelaksana AJA dan LSPR saat ini sedang menjajaki kerja sama lebih lanjut.

Selain untuk pers kampus, PWI Pusat juga menyediakan penghargaan khusus bagi karya jurnalisme warga (citizen journalism) melalui unggahan di media sosial. Kedua kategori ini akan memperebutkan Penghargaan Khusus dengan hadiah uang sebesar Rp 25 juta.

DR Artini menyatakan bahwa Panitia Pelaksana Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 siap untuk menjalankan arahan Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, agar gaung AJA 2024 dapat merambah ke seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya kepada kalangan pers.

Ia juga menyampaikan bahwa panitia pelaksana sedang mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk memperkuat eksposur AJA 2024. Selain Malam Penghargaan AJA 2024, akan diadakan kegiatan lain seperti Pelatihan Pers Kampus, Pameran Adinegoro, Visit Media, Jumpa Citizen Journalism, dan kunjungan ke Kampung Adinegoro.

"Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan sebanyak mungkin masyarakat dan, yang tak kalah pentingnya, untuk menarik sebanyak mungkin karya jurnalistik terbaik untuk mengikuti kompetisi Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024," tutup Ketua Pelaksana AJA 2024, DR Artini. sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: