Ridwan Kamil Sowan ke Bamus Betawi, Belajar Cara Pelestarian Budaya

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 07 September 2024 | 10:55 WIB
Momen pertemuan Ridwan Kamil dengan Bamus Betawi. (BeritaNasional/Doc. RK)
Momen pertemuan Ridwan Kamil dengan Bamus Betawi. (BeritaNasional/Doc. RK)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Ridwan Kamil (RK) bertemu dengan Bamus Betawi di Jakarta Timur pada Jumat (6/9/2024) malam.

Dalam pertemuan ini, RK mengaku ingin menyerap aspirasi dan menyelesaikan masalah dari masyarakat Betawi agar visi dan misinya bisa fokus pada penyelesaian persoalan masyarakat Jakarta.

"Jadi saya setiap hari bersafari di seluruh wilayah Jakarta, dari utara, tengah, selatan, barat, dan timur, untuk menyerap masalah dan aspirasi," kata RK kepada wartawan usai pertemuan.

RK mengungkapkan, ia menerima pembelajaran terkait cara melestarikan budaya Betawi setelah Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota.

"Bamus Betawi menjelaskan satu dokumen rekomendasi tentang bagaimana pelestarian budaya Betawi ketika Jakarta menjadi Jakarta Baru, yakni saat Jakarta naik kelas menjadi kota global," jelas RK.

"Jangan sampai kota globalnya tercapai, tapi meninggalkan identitas wilayah yang penuh dengan kearifan lokal, yaitu budaya Betawi," tambahnya.

Nantinya, pelestarian budaya Betawi ini akan dimasukkan ke dalam sistem pendidikan dan diekspresikan dalam karya arsitektural.

"Insya Allah, akan kita lakukan dalam bentuk pendidikan masyarakat di sekolah maupun ekspresi visual, arsitektur, serta ekspresi kesenian dan lain-lain," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: