Sambut Baik Wacana Angkatan Siber, Jokowi Titip ke Pemerintahan Prabowo

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 12 September 2024 | 20:46 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana IKN. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana IKN. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan komentarnya mengenai rencana pembentukan Angkatan Siber di TNI. Ia menilai rencana itu baik karena menjadi hal krusial pertahanan negara.

“Ya sangat baik. Karena negara-negara lain yang saya lihat ini sudah mulai,” ujar Jokowi di Istana IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

TNI saat ini memiliki tiga angkatan, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. 

“Saya melihat ada empat negara yang sudah mulai membangun angkatan keempatnya, angkatan sibernya, dan saya rasa nanti semua negara akan menuju kesana,” tutur Jokowi.

Meski demikian Jokowi tak mau bicara lebih lanjut lagi mengenai wacana tersebut. Ia menilai Presiden terpilih Prabowo Subianto yang nantinya akan menindaklanjuti rencana itu.

"Tapi nanti biar pemerintah baru, Pak Presiden Prabowo Subianto yang akan menuju ke sana," bebernya.

Sebelumnya, pada 16 Agustus, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, menyatakan bahwa sudah saatnya Indonesia mempersiapkan pembentukan matra keempat di TNI dengan menghadirkan Angkatan Siber.

"Kehadiran Angkatan Siber ini akan memperkuat tiga matra yang sudah ada, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Bamsoet dalam Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Bamsoet menambahkan bahwa pembentukan Angkatan Siber sangat penting mengingat posisi geopolitik Indonesia yang strategis, berhadapan langsung dengan negara-negara persemakmuran Inggris seperti Malaysia, Singapura, dan Australiasinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: