RK Ungkap 3 Pesan dari Sang Ibu soal Kepemimpinan

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 21 September 2024 | 17:00 WIB
RK ungkapkan 3 pesan ibunya (Beritanasional/Lydia)
RK ungkapkan 3 pesan ibunya (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Ridwan Kamil (RK) menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Doa Kebangsaan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Sabtu (21/9/2024). Kehadirannya itu secara pribadi untuk memenuhi undangan elemen perempuam NU, khususnya Muslimat NU di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, RK membagikan cerita tentang dirinya dan sang ibu. RK berujar, dia diberi tiga nasehat oleh ibunda terkasihnya itu.

"Dibekali tiga nasehat dari umi saya. Ayah saya sudah tidak ada tapi umi saya masih ada, (usianya) 85 tahun," kata RK.

Pertama, RK diminta itu tidak lupa beribadah. "Nasehatnya tiga, 'Anakku kalau jadi pemimpin ingat-ingat tiga nasehat ini.' Satu, ingatkan ibadah, maka jadi apapun termasuk takdir saya niatnya ibadah," ujar RK.

Selanjutnya, pesan Umi adalah bahwa kekuasaan bersifat fana. Lalu yang terakhir adalah harus bermanfaat bagi rakyat.

"Yang kedua kata ibu saya, ingat Allah berikan kekuasaan kalau Allah kehendaki, Allah cabut kalau Allah kehendaki," ungkap RK.

"Nasehat ketiga ibu saya adalah buat apa jadi pemimpin kalau tidak ada manfaatnya buat rakyatnya. Maka saya setiap hari melalui ilmu melalui silaturahmi," tambahnya.

Tidak hanya itu, RK juga mengaku pernah menanyakan kepada ibunya apakah dia merupakan anak angkat. Sebab, nama dia berbeda sendiri dibandingkan saudaranya yang lain.

"Saya anak kedua dari lima. Kenapa kakak saya namanya Erwin Muniruzaman Awalnya E akhirannya zaman. Adik saya Erik Komaruzaman. Bungsunya Elpi Nazmuzzaman. Kok saya beda sendiri Muhammad Ridwan Kamil. Apakah saya anak angkat?" cerita RK.

Namun ternyata, dia berbeda sendiri karena sang kakek yang langsung memberikan nama untuknya.

"Kata umi saya, 'Anakku semua yang tadi diberi nama oleh kami kecuali kamu diberi nama langsung oleh kakek kamu," lanjutnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: